Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A25 5G Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - 30/11/2023, 09:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung tampaknya tengah bersiap mendatangkan suksesor dari Galaxy A24, yaitu Galaxy A25 ke Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini terendus setelah ponsel misterius Samsung dengan model "SM-A256E" terpampang di laman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Berdasarkan penelusuran di internet, ponsel dengan model ini konon merupakan Galaxy A25 untuk varian 5G (Samsung Galaxy A25 5G). Ponsel tersebut kini resmi lolos uji TKDN dengan nilai 38,30 persen.

Selain di laman TKDN Kemenperin, ponsel Samsung dengan model yang sama juga sudah terpampang di laman Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI).

Baca juga: Samsung Galaxy A24: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Di laman tersebut, ponsel Samsung dengan model SM-A256E terpantau sudah mendapatkan sertifikat izin edar perangkat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dengan nomor 95466/SDPPI/2023.

Ilustrasi sertifikat TKDN dan Postel untuk ponsel Samsung dengan model di atas yang diduga sebagai Galaxy A25 5G bisa dilihat dalam gambar di bawah berikut, sebagaimana pantauan KompasTekno, Kamis (30/11/2023).

Ponsel yang diduga Samsung Galaxy A25 5G yang sudah nongol di TKDN Kemenperin (atas) dan Postel Dirjen SDPPI Kominfo (bawah).Kompas.com/BILL CLINTEN Ponsel yang diduga Samsung Galaxy A25 5G yang sudah nongol di TKDN Kemenperin (atas) dan Postel Dirjen SDPPI Kominfo (bawah).

Belum bisa dipastikan apakah ponsel dengan model di atas merupakan untuk Samsung A25 5G atau tidak. Sebab, Samsung Indonesia saat ini belum mengumbar informasi apapun terkait kehadiran suksesor Galaxy A24 tersebut.

Namun yang jelas, sertifikat TKDN dan Postel biasanya menjadi dua hal yang menjadi penanda bahwa suatu ponsel akan dirilis di Tanah Air dalam waktu dekat.

Artinya, ponsel dengan model SM-A256E yang diduga sebagai Samsung A25 5G tersebut dipastikan akan meluncur di Indonesia sesaat lagi. Kita nantikan saja.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy A25 5G

Meski belum meluncur di kawasan manapun, bocoran gambar render dan spesifikasi Galaxy A25 kini sudah beredar di internet.

Dari berbagai bocoran yang ada, tampak bahwa calon ponsel baru dari keluarga A-series ini juga masih mengadopsi desain yang sama dengan pendahulunya, yaitu dengan tiga kamera belakang yang disusun segaris secara vertikal.

Lensa-lensa kamera belakang di ponsel ini juga tertanam langsung di bodi HP, tanpa modul, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Pada aspek layar, tampilan layar Galaxy A25 5G terlihat masih dihiasi poni model huruf "U" khas Samsung, dengan diagonal 6,44 inci. Ukuran keseluruhannya disinyalir 162 x 77,5 x 8,3 mm. 

Bocoran warna Samsung Galaxy A25 5G, yakni Blue-Grey, Black, Light Blue, dan Lime GreenAndroid Headlines Bocoran warna Samsung Galaxy A25 5G, yakni Blue-Grey, Black, Light Blue, dan Lime Green

Konfigurasi kamera Samsung Galaxy A25 5G disinyalir masih sama dengan Galaxy A24, yakni meliputi kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depan 13 MP yang dimuat di dalam poni huruf U.

Satu hal yang mungkin membedakan Samsung A25 5G dari Samsung A24 adalah pilihan warnanya yang lebih banyak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com