Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Mengurangi Penyimpanan Google Photos agar Tidak Penuhi Penyimpanan

Kompas.com - 30/11/2023, 11:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google Photos merupakan salah satu rangkaian layanan Google yang memiliki layanan penyimpanan dan berbagi foto daring. Umumnya bagi pengguna HP Android, foto-foto yang tersimpan di ponsel akan secara otomatis diintegrasikan di Google Photos sebagai cadangan.

Namun tak jarang terlalu banyak foto yang tersimpan membuat penyimpanan Google Drive semakin berkurang. Bagi pengguna yang mengandalkan penyimpanan Google secara gratis dengan kapasitas 15 GB, tentu tumpukan gambar atau foto di Google Photos akan memenuhi penyimpanan.

Namun tak perlu khawatir, Anda dapat mencoba trik untuk mengurangi penyimpanan Google Photos dengan tips beberapa berikut ini.

Baca juga: Cara Mengedit Foto via Aplikasi Google Photos

Aktifkan mode hemat penyimpanan

Ilustrasi Google Photos Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi Google Photos

Seluruh foto yang Anda unggah di Google Photos biasanya memiliki kualitas asli yang cenderung besar. Hal inilah yang akan mengurangi kuota penyimpanan.

Maka dari itu agar foto lebih hemat dan tidak memiliki ukuran terlalu besar, Anda bisa memindahkan pengaturan mode kualitas asli ke penghemat penyimpanan. Cara ini hanya bisa diakses di Google Photos di web. Begini langkahnya.

  • Buka situs web Google Foto di komputer Anda
  • Klik ikon “Pengaturan” di pojok kanan atas dekat foto profil Anda
  • Pastikan “Penghemat penyimpanan” dipilih dan klik opsi “Kelola penyimpanan”
  • Sekarang, gulir ke bawah ke “Pulihkan penyimpanan” dan klik “Pelajari lebih lanjut”

Menonaktifkan pencadangan foto WhatsApp

Google Photos biasanya secara otomatis mencadangkan foto dan video dari WhatsApp, Instagram, atau folder lain di perangkat Anda. Hal ini yang membuat penyimpanan Google Photos cepat penuh, ini karena pencadangan otomatis akan mencadangkan seluruh file, meskipun gambar atau foto tersebut tidak penting.

Maka dari tiu sebaiknya nonaktifkan pencadangan folder tersebut dari perangkat Anda untuk menghemat ruang. Ini akan membantu Anda mengelola ruang penyimpanan Google Foto dengan lebih baik.

Untuk melakukan ini di Android, buka aplikasi Google Foto di perangkat Anda, lalu ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas dan pilih Setelan Foto . Lalu, buka "Cadangan > Cadangkan folder" perangkat dan nonaktifkan semua folder tidak relevan yang tidak Anda inginkan untuk melakukan pencadangan media.

Menghapus kumpulan screenshots atau tangkapan layar HP

Ilustrasi Google PhotosKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Google Photos

Kegiatan menangkap layar atau screenshot biasanya digunakan untuk pengguna menyimpan dokumentasi dari gambar HP. Umumnya foto akan tersimpan dan otomatis tercadangkan di Google Photos. Hal inilah yang membuat penyimpanan Google semakin hari penuh. Untuk mengatasinya pengguna dapat menghapus berbagai tangkapan layar pengguna.

Mengosongkan folder sampah di Google Photos

Ilustrasi Google PhotosKompas.com/soffyaranti Ilustrasi Google Photos

Foto atau video apa pun yang Anda hapus dari Google Foto akan disimpan di folder trash hingga 60 hari. Sementara itu, folder trash sendiri mampu menampung hingga 1,5GB media yang terhapus.

Jika Anda ingin segera mengurangi ruang di Google Foto, kosongkan folder sampah untuk mendapatkan kembali ruang yang cukup. Ini adalah langkah penting yang perlu Anda ikuti setelah Anda menghapus tangkapan layar, foto, dan video sampah dari perpustakaan Google Foto Anda.

Mengubah ukuran foto sebelum diunggah

Apabila Anda mencadangkan foto yang diambil dari kamera DSLR ke Google Photos, sebaiknya mengubah ukuran foto tersebut terlebih dahulu. Umumnya foto DSLR di Google Photos memiliki ukuran besar, sehingga mengunggah foto beresolusi 30-40MP ke Google Foto akan menghabiskan ruang penyimpanan di akun Google.

Baca juga: Google Photos Versi Web Punya Fitur Baru, Edit Foto Jadi Lebih Cepat

 

Dengan mengurangi resolusi foto-foto tersebut, Anda akan mengurangi ukuran file secara signifikan. Demikian beberapa trik mengurangi penyimpanan di Google Photos agar tidak terlalu memenuhi kapasitas akun Google Drive Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com