Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Google yang Tidak Aktif 2 Tahun Dihapus Mulai Besok, Begini Cara Mencegahnya

Kompas.com - 30/11/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google bakal menghapus akun Google atau biasa disebut juga dengan akun Gmail, yang sudah tidak aktif mulai besok, 1 Desember 2023. Pengguna yang punya akun Google dan jarang dipakai kiranya perlu mengantisipasi kebijakan ini supaya tak ikut terhapus.

Baca juga: Apa Itu Passkey yang Bisa untuk Login Akun Google Tanpa Password?

Kebijakan penghapusan akun Google tidak aktif sejatinya sudah diumumkan sejam Mei lalu. Kebijakan ini diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan pengguna karena akun yang tidak aktif rentan mengalami peretasan atau pembajakan.

Dikutip dari blog resmi Google, perusahaan menyampaikan akun Google tidak aktif dalam jangka waktu lama lebih rentan terkena peretasan. Penyebabnya adalah akun tersebut seringkali masih mengandalkan kata sandi lama yang mungkin telah disusupi.

Kemudian, akun Google tidak aktif juga berpotensi besar belum menyiapkan autentikasi dua faktor. Selain itu, pengguna biasanya juga kurang memerhatikan keamanan pada akun Google yang sudah tidak aktif dalam jangka waktu lama, sehingga mudah diretas.

Untuk mengurangi risiko keamanan, Google akhirnya menerapkan kebijakan penghapusan akun Google tidak aktif dalam jangka waktu lama. Adapun akun Google tidak aktif adalah akun Google yang tidak digunakan sama sekali selama dua tahun atau lebih.

Mulai Desember ini, jika akun Google tidak dipakai mengakses layanan atau login selama minimal dua tahun, Google dapat menghapus akun tersebut beserta semua konten yang ada di dalamnya, termasuk konten dalam Gmail, Docs, Drive, dan lainnya.

Baca juga: 4 Tips Mengurangi Penyimpanan WhatsApp di HP Android, Tidak Perlu Langganan Google One

Oleh karena itu, jika merasa jarang mengakses akun Google atau tidak pernah memakainya sama sekali dalam jangka waktu lama, pengguna perlu mengantisipasi agar tidak terkena imbas dari kebijakan ini.

Cara mencegah akun Google dihapus karena tidak aktif

Cara mencegah akun Google dihapus karena tidak aktif itu mudah. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa tindakan atau aktivitas yang membuat akun Google lama dinilai masih aktif.

  • Untuk mencegah akun Google dihapus karena tidak aktif lama, pengguna bisa melakukan beberapa aktivitas ini:
  • Membaca atau mengirim e-mail
  • Menggunakan Google Drive
  • Menonton video YouTube
  • Mengunduh aplikasi di Google Play Store
  • Menggunakan Google Search
  • Menggunakan akun Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Dengan sejumlah aktivitas tersebut, Google bakal menilai bahwa akun milik pengguna masih aktif dan tidak akan dihapus. Untuk diketahui, kebijakan penghapusan akun Google tidak aktif ini tidak berlaku untuk akun milik organisasi seperti akun bisnis atau pendidikan.

Google juga mengecualikan akun yang punya video di YouTube dari tindakan penghapusan. Sebagai informasi, penghapusan akun Google tidak aktif bakal berjalan secara bertahap. Penghapusan dimulai pada akun yang tidak pernah dipakai sama sekali.

Baca juga: Google Rilis Nama Domain .Meme, Begini Cara Beli dan Harganya

Sebelum menghapus akun pengguna, Google pun telah mengirimkan beberapa pemberitahuan terlebih dahulu ke alamat e-mail akun yang bersangkutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com