Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp, Begini Cara Menambahkannya

Kompas.com - 02/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun seperti ini, beberapa platform umumnya mengeluarkan fitur-fitur rangkuman aktivitas pengguna sepanjang tahun, tak terkecuali aplikasi streaming audio Spotify melalui fitur Spotify Wrapped 2023.

Mulai 30 November kemarin, Spotify Wrapped 2023 sudah bisa dijajal semua pengguna di aplikasi Spotify dan dibagikan ke media sosial. Menariknya, keseruan Spotify Wrapped 2023 ini tidak hanya hadir di aplikasi Spotify.

Baca juga: Link dan Cara Main Tebak Lagu Whisperify Spotify yang Ramai di Twitter

Akan tetapi, Spotify Wrapped 2023 juga hadir dalam bentuk stiker di aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang biasa disingkat WA. Bersamaan dengan rilisnya Spotify Wrapped 2023 di aplikasi Spotify, terdapat stiker WA Spotify Wrapped 2023.

Saat ini, pengguna bisa menambahkan stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp. Dalam satu paket stiker, terdapat 17 stiker bertemakan Spotify Wrapped 2023 yang menarik dan bisa bergerak.

Stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp itu bisa ditambahkan oleh pengguna secara gratis. Dalam hal ini, pengguna mungkin ingin mengetahui cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023.

Lantas, bagaimana cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023? Jika tertarik untuk mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023.

Cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023

  • Buka tautan ini https://wa.me/stickerpack/2023SpotifyWrapped.
  • Setelah itu, pengguna bakal disajikan dengan jendela pratinjau dari isi paket stiker Spotify Wrapped 2023 di WhatsApp.
  • Pada jendela pratinjau tersebut, silakan klik opsi “Download”.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan stiker WA Spotify Wrapped 2023 selesai.
  • Jika pengunduhan sudah selesai, stiker WA Spotify Wrapped 2023 bakal ditambahkan ke koleksi stiker pengguna.
  • Selanjutnya, pengguna bisa memakai stiker tersebut untuk chat di ruang obrolan.

Ilustrasi cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023.

Cukup mudah bukan cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023? Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara menambahkan stiker WA Spotify Wrapped 2023.

Sementara itu, jika tertarik mencoba fitur Spotify Wrapped 2023 di aplikasi Spotify, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Ramai Game Eat This Playlist Spotify, Mirip Game Snakes tapi Makanannya “Lagu”

Spotify Wrapped 2023

Perlu diketahui, Spotify Wrapped 2023 merupakan fitur rangkuman aktivitas pengguna dalam setahun ini pada aplikasi Spotify. Setiap menjelang akhir tahun, Spotify rutin mengeluarkan fitur rangkuman atau kilas balik tersebut.

Ada banyak rangkuman aktivitas yang bisa dilihat pengguna di Spotify Wrapped 2023. Misalnya, pengguna bisa melihat daftar musik favorit atau daftar lagu teratas yang sering diputar sepanjang 2023 atau “Your Top Songs”.

Kemudian, terdapat juga daftar “Your Top Artist” berisi rangkuman artis teratas yang sering didengar. Selanjutnya, ada pula rangkuman total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten di Spotify.

Di Spotify Wrapped 2023, pengguna juga bisa melihat rangkuman karakter dalam kebiasan mendengarkan musik. Terdapat 12 karakter yang menggambarkan kebiasaan pengguna dalam mendengarkan musik di Spotify.

Secara umum, daftar rangkuman yang termuat di Spotify Wrapped 2023 mirip dengan tahun sebelumnya. Namun, Spotify Wrapped 2023 menyajikan beberapa fitur yang lebih interaktif ke pengguna.

Pada Spotify Wrapped 2023, pengguna bisa memberikan ucapan terima kasih untuk artis favorit yang sering didengarkan. Kemudian, Spotify Wrapped 2023 juga akan menampilkan pesan dari artis favorit pengguna.

Semua rangkuman aktivitas tersebut sekarang bisa dilihat di Spotify Wrapped 2023. Lantas, bagaimana cara membuat Spotify Wrapped 2023? Jika tertarik mencobanya, berikut adalah cara membuat Spotify Wrapped 2023.

Cara membuat Spotify Wrapped 2023

Cara membuat Spotify Wrapped 2023 itu cukup mudah. Pengguna dapat mengakses layanan rangkuman aktivitas ini secara langsung di halaman Home. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat Spotify Wrapped 2023 adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Spotify di HP. Pastikan telah menggunakan aplikasi Spotify versi terbaru.
  • Selanjutnya, pada halaman Home klik menu “Your 2023 Wrapped” dan pilih opsi “Your Wrapped”.
    Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2023.
  • Setelah itu, bakal muncul kumpulan animasi singkat mirip Instagram Story yang memuat rangkuman aktivitas pengguna dalam memakai Spotify sepanjang tahun seperti tertera pada gambar di atas.
  • Di Story Spotify Wrapped 2023 itu, pengguna bisa melihat beberapa konten rangkuman, seperti daftar lagu yang sering diputar, artis yang sering didengarkan, total waktu mendengarkan musik, pesan dari musisi, dan masih banyak lagi.
    Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2023.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2023.
  • Pengguna dapat menggeser Spotify Wrapped 2023 untuk beralih dari satu konten ke konten lainnya.
  • Di tiap konten Spotify Wrapped 2023, pengguna bisa membagikannya ke media sosial dengan klik opsi “Share this story”.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Spotify Photo Strips untuk Cek Musik Favorit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com