Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan dan Peta "GTA 6" Bocor Duluan, Disebar di TikTok

Kompas.com - 04/12/2023, 13:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rockstar Games akan merilis cuplikan video (trailer) perdana game Grand Theft Auto 6 (GTA 6/GTA VI) pada Selasa, 5 Desember 2023 pukul 09.00 pagi waktu Amerika Serikat atau 21.00 WIB.

Dua hari sebelum trailer tersebut dirilis, gameplay dan peta GTA 6 malah dibocorkan oleh seorang pengguna media sosial TikTok dengan handle @azzarossi. Akun TikTok ini sudah dihapus, tetapi bocoran tersebut sudah disebarkan lewat media sosial X (dahulu Twitter).

Dalam video X yang dibagikan oleh pengguna bernama @milksashi, terlihat bocoran peta GTA 6 yang menampilkan area Vice City yang luas lengkap dengan berbagai gedung pencakar langit.

Video berdurasi 13 detik ini juga menunjukkan berbagai rumah, jalan layang (fly over), dan mobil yang berlalu-lalang di jalan layang tersebut.

Bocoran ini konon diambil dari versi GTA 6 yang masih dalam tahap pengembangan alias belum rampung.

Sebab, pengguna tidak melihat karakter GTA 6 yang dimainkan. Pengguna hanya bisa melihat kota Vice City, dan catatan developer yang terletak di bagian bawah game itu.

Baca juga: Rockstar Games Ungkap Jadwal Rilis Trailer Perdana Game GTA 6

Bocoran gameplay GTA 6 disebar di TikTok. Meski sudah dihapus, video berdurasi 13 detik tersebut juga disebar di X Twitter. X.com/@milksashi Bocoran gameplay GTA 6 disebar di TikTok. Meski sudah dihapus, video berdurasi 13 detik tersebut juga disebar di X Twitter.
Adapun Vice City merupakan kota fiksi yang terinspirasi dari Miami, Amerika Serikat. Vice City sebelumnya merupakan setting dalam game GTA: Vice City, dan konon akan "comeback" di GTA 6.

Setting Vice City ini sebelumnya sudah diketahui lewat puluhan video GTA 6 yang bocor di forum GTA Forums pada September 2022.

Kini, penggemar GTA sudah membandingkan puluhan video tersebut dan video di atas, kemudian menemukan kemiripan misalnya terkait arsitektur bangunan.

Peta GTA 6 lebih luas dari GTA 5

Menurut @GTABase, yakni akun X yang membahas bocoran seputar GTA 6, @azzarossi yang menjadi sumber utama bocoran ini merupakan putra dari karyawan Rockstar Games, Aaron Garbut.

Sementara itu, akun @GTAVI_Countdown mengeklaim bahwa video ini dibocorkan oleh teman dari putra Aaron Garbut.

Indikasinya terlihat dari profil TikTok @azzarossi yang kini sudah dihapus. Pengguna tersebut pernah mengunggah foto dirinya bersama Aaron Garbut.

Akun tersebut kemudian membagikan lebih banyak bocoran GTA 6 lewat fitur direct message (DM) di TikTok. Menurutnya, peta Vice City di GTA 6 lebih besar dua kali lipat daripada kota Los Santos di GTA 5.

"(Peta Vice City) lebih besar daripada Los Santos. Ada tiga kota utama dan empat kota yang lebih kecil di sekitarnya. Di tengah peta tersebut, ada danau yang besar," klaim pengguna tersebut.

Pengguna ini juga menyebut bahwa gamer nantinya bisa memasuki 70 persen bangunan di GTA 6. Ada pula "Volumetric Clouds", yakni fitur yang membuat awan dalam game terlihat lebih realistis.

Terkait tanggal rilis, GTA 6 disebut akan meluncur pada musim gugur 2024 yang jatuh pada September hingga Desember 2024. GTA 6 konon bisa dipesan (pre-order) setelah trailer terbarunya dirilis, yakni 5 Desember 2023 pukul 21.00 WIB malam.

Baca juga: 3 Game GTA Bisa Dimainkan Gratis di Netflix Bulan Depan

Perlu dicatat, deretan informasi di atas masih berupa rumor saja sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Senin (4/12/2023).

Sejauh ini, Rockstar Games masih belum angkat suara terkait bocoran GTA 6 terbaru ini. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna menunggu informasi resminya lewat trailer perdana GTA 6 pada Selasa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com