Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infinix Smart 8 Resmi di Indonesia, HP 1 Jutaan dengan "Dynamic Island" ala iPhone

Kompas.com - 06/12/2023, 09:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dirilis di Nigeria pada November lalu, Infinix Smart 8 kini resmi meluncur di Indonesia, Selasa (5/12/2023). Infinix Smart 8 dikategorikan sebagai ponsel entry-level dan menjadi penerus dari Smart 7 yang rilis di Tanah Air pada April lalu.

Dibanding pendahulunya, Smart 8 membawa beberapa peningkatan. Peningkatan yang paling kentara yaitu hadirnya "lubang" di layar alias punch hole, bukan lagi poni seperti di Smart 7.

Di lubang layar itu pula, Infinix menyertakan fitur yang disebut Magic Ring. Fitur ini bisa menyulap punch hole menjadi lebih dinamis. Fungsi Magic Ring Infinix Smart 8 ini mirip dengan Dynamic Island di iPhone, di mana poni akan menampilkan animasi melebar sesuai aktivitas pengguna.

Misalnya, pengguna akan melihat animasi Magic Ring saat menerima notifikasi panggilan masuk, menunjukkan status baterai, dan sebagainya.

Peningkatan lainnya yaitu pada aspek penyimpanan yang kini hadir dalam kapasitas lebih besar, sampai 128 GB. Di Smart 7, penyimpanannya hanya sampai 64 GB.

Selain itu, Smart 8 juga menawarkan resolusi kamera depan yang lebih besar, yakni 8 MP dibanding 5 MP di Smart 7.

Adapun spesifikasi lainnya, yang terbilang persis yaitu aspek layar yang sama-sama 6,6 inci dan baterai 5.000 mAh.

Spesifikasi Infinix Smart 8 di Indonesia

Infinix Smart 8 tampil dengan layar berukuran 6,6 inci, resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz dan kecerahan 500 nits. Layarnya didesain memiliki lubang (punch hole) untuk menampung kamera depan ponsel.

Punggung ponsel ini dihias dengan modul kamera di sudut kiri atasnya. Kameranya disusun sebaris vertikal, ditemani dengan lampu LED flash. Resolusi kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Infinix Indonesia tak merinci resolusi kamera kedua Smart 8, tetapi bila mengacu model yang sama yang rilis di Nigeria, resolusinya adalah 0,3 MP.

Baca juga: Infinix Zero 30 dan Zero 30 5G Resmi Masuk Indonesia, Harga mulai Rp 3 Jutaan

Kamera ponsel ini juga dilengkapi sejumlah fitur, termasuk Supernight Mode, Slow Motion Video, serta AR Mode.

Infinix Smart 8 juga dibekali kamera depan 8 MP untuk menunjang aktivitas selfie maupun panggilan video. Resolusi ini terbilang lebih besar dibanding pendahulunya yang hanya 5 MP.

Infinix juga tak merinci chipset yang dipakai Smart 8 di Indonesia, hanya menyebutkan prosesor octa-core. Infinix Smart 8 versi Nigeria ditenagai chip Unisoc T606 (12 nm).

Chip di Infinix Smart 8 dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu RAM 3 GB/64 GB dan 4 GB/128 GB.

Keduanya didukung fitur RAM tambahan dengan meminjam kapasitas storage sampai 4 GB. Selain itu, Infinix Smart 8 juga mendukung penggunaan microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan sampai 2 TB.

Infinix Smart 8 resmi di IndonesiaInfinix Infinix Smart 8 resmi di Indonesia

Pada aspek daya, Smart 8 dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh, sama seperti pendahulunya. Hanya saja, kini pengisian ulangnya dilakukan lewat USB-C, bukan micro USB seperti di Smart 7.

Infinix Smart 8 berjalan dengan sistem operasi Android 13 Go. Fitur lainnya yang ada di ponsel ini yaitu sensor sidik jari di samping ponsel dan peningkatan video sampai 200 persen.

Baca juga: Infinix GT 10 Pro: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Harga Infinix Smart 8 di Indonesia

Infinix Smart 8 hadir dalam tiga opsi warna, yaitu Shinny Gold, Crystal Green dan Timber Black. Ponsel ini sudah bisa dibeli oleh konsumen Tanah Air mulai hari ini, Rabu (6/12/2023) di sejumlah marketplace rekanan Infinix di Indonesia. 

Berikut ini harga Infinix Smart 8 di Indonesia:

  • Harga Infinix Smart 8 3 GB/64 GB - Rp 1.099.000
  • Harga Infinix Smart 8 4 GB/128 GB - Rp 1.249.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com