Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Murah Infinix Smart 8 Rilis, Segera Masuk Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 13/11/2023, 10:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Infinix meluncurkan ponsel kelas entry-level terbarunya, Infinix Smart 8 di pasar Nigeria, Kamis (9/11/2023). Ponsel ini merupakan suksesor dari Infinix Smart 7 yang dirilis Februari 2023.

Bila dilihat dari desain dan spesifikasinya, Infinix Smart 8 merupakan kembaran dari HP Tecno Pop 8 yang baru dirilis akhir Oktober lalu.

Misalnya, keduanya sama-sama dibekali layar dengan poni dinamis ala Dynamic Island di iPhone, kamera utama 13 MP, hingga chipset Unisoc T606 yang sama.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Infinix Smart 7 di Indonesia

Hal ini tidak mengherankan karena Infinix dan Tecno berada di bawah payung induk perusahaan yang sama, yakni Transsion Holdings.

Layar dengan poni "Magic Ring"

Untuk tampang, ponsel Infinix Smart 8 ini kini hadir dengan layar ber-punch hole yang menampung kamera depan 8 MP. Infinix menyulap punch hole tersebut menjadi lebih dinamis, disebut sebagai "Magic Ring". Di Tecno Pop 8, poni dinamis ini disebut "Dynamic Port".

Fungsi Magic Ring Infinix Smart 8 ini mirip dengan Dynamic Island di iPhone, di mana poni akan menampilkan animasi melebar sesuai aktivitas pengguna.

Misalnya, pengguna akan melihat animasi Magic Ring saat menerima notifikasi panggilan masuk, menunjukkan status baterai, dan sebagainya.

Baca juga: HP Murah Infinix dan Oppo Banyak Diburu di Pusat Perbelanjaan Ponsel

Desain poni ini berbeda dari Infinix Smart 7 yang mengadopsi desain layar dengan poni berbentuk tetesan air (waterdrop).

Spesifikasi Infinix Smart 8

Infinix Smart 8 meluncur di Nigeria dengan harga Rp 1,6 juta (4/128 GB). Ponsel ini hadir dalam pilihan warna Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green, dan Galaxy White.GizmoChina Infinix Smart 8 meluncur di Nigeria dengan harga Rp 1,6 juta (4/128 GB). Ponsel ini hadir dalam pilihan warna Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green, dan Galaxy White.
Adapun layar Infinix mengusung panel LCD 6,6 inci dengan resolusi HD Plus, refresh rate 90 Hz, dan tingkat kecerahan (birghtness) maksimum 550 nits.

Angka refresh rate 90 Hz tersebut terbilang tinggi bagi ponsel kelas bawah (entry-elevel). Biasanya, smartphone entry-level harga Rp 1-3 jutaan, hanya dibekali refresh rate standar, yakni 60 Hz.

Untuk sektor fotografi, Infinix Smart 8 dibekali dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera pendukung depth sensor 0,3 MP (kamera VGA), serta sebuah lampu flash LED.

Untuk performa, Infinix Smart 8 mengandalkan chipset Unisoc T606 (12nm), dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 128 GB. Ponsel ini dilengkapi fitur virtual RAM 4 GB serta slot microSD.

Ponsel ini ditopang baterai 5.000 mAh dengan pengisian daya 10 watt melalui USB-C. Infinix Smart 8 menjalankan sistem operasi Android 13 dilapisi sistem antarmuka XOS 13.

Fitur pendukung lain yang dibawa ponsel ini meliputi pemindai sidik jari di samping (side-mounted fingerprint scanner), Bluetooth 5.0, audio jack 3,5 mm, serta dual SIM, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (11/11/2023).

Ponsel ini hadir dalam pilihan warna Timber Black, Shiny Gold, Crystal Green, dan Galaxy White. Adapun harga Infinix Smart 8 di Nigeria adalah 82.000 naira (sekitar Rp 1,6 juta) untuk satu-satunya varian memori 4/128 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com