Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Electronic Arts PHK Karyawan Pembuat Game "Formula 1" dan "Dirt"

Kompas.com - 06/12/2023, 12:04 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber IGN

KOMPAS.com - Pengembang game mobil balap Formula 1 (F1), World Rally Championship (WRC), Dirt Series, hingga Grid Series, yaitu Codemasters, tidak sedang baik-baik saja. 

Pasalnya, induk Codemasters yaitu Electronic Arts (EA) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias layoff terhadap sejumlah karyawan Codemasters.

Hal ini disampaikan pihak EA dalam sebuah pernyataan kepada media game internasional IGN.

Dalam peryataan tersebut, pihak EA mengatakan PHK Codemasters terpaksa dilakukan sebagai efek dari perubahan fokus dan bisnis perusahaan untuk memberikan game terbaik bari para penggemar di masa depan.

"Untuk memberikan game terbaik, perusahaan membutuhkan sedikit perubahan di segi manajemen dan sumber daya (salah satunya PHK), sehingga kami bisa fokus di kebutuhan pasar dan prioritas kami di masa depan," ujar perwakilan EA, dikutip KompasTekno dari IGN, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Game-game Electronic Arts Bakal BIsa Dimainkan di Steam

Ilustrasi poster F1 23 bikinan Codemasters.EA Ilustrasi poster F1 23 bikinan Codemasters.

EA tidak menyebut berapa karyawan Codemasters yang terdampak PHK. Namun, mereka memastikan semua yang terkena layoff akan mendapatkan benefit dan bantuan yang dibutuhkan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pembuat game EA Sports FC 24 ini juga tidak mengumbar apa alasan lain mereka melakukan PHK terhadap karyawan Codemasters, selain pertimbangan bisnis dan perubahan fokus tadi.

Namun, langkah PHK ini bisa menjadi pertanda bahwa bisnis seri game mobil balap yang ada di bawah naungan EA tampaknya sedang lesu.

Pada tahun 2023 ini, Codemasters sendiri merilis dua game baru yaitu F1 23 (Juni) dan EA Sports WRC (November). Kedua game ini mendapatkan ulasan positif di situs agregator game dan film Metacritic, dengan skor rata-rata masing-masing 82 dan 80.

Ilustrasi poster EA Sports WRC bikinan Codemasters.EA Ilustrasi poster EA Sports WRC bikinan Codemasters.
Meski mendapatkan ulasan positif, kedua game tersebut kabarnya kurang laku di pasaran, sehingga membuat Codemasters, tentunya juga EA, kelabakan memikirkan strategi selanjutnya supaya bisnis mereka tetap cuan.

Baca juga: Penerbit Game Electronic Arts PHK 6 Persen Karyawan

Lalu seri game mobil balap EA lainnya, seperti seri mobil balap liar Need For Speed, hingga Burnout juga dikabarkan belum bisa menarik pemain.

Jumlah pemain di dua seri game tersebut tampaknya tak seramai era kejayaannya di 2000-an, sehingga membuat game-game yang berasal dari kedua seri tersebut sepi pemain.

Kurang lakunya game-game seri mobil balap ini konon menjadi salah satu pertimbangan dilakukannya PHK terhadap karyawan Codemasters, supaya bisnis EA tetap fokus sesuai dengan kebutuhan pasar dan tetap "sehat" di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com