Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.2 Bawa Aplikasi Journal

Kompas.com - 12/12/2023, 10:15 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Apple merilis sistem operasi terbaru iOS 17.2, yang merupakan update mayor (besar) kedua yang dirilis untuk iOS 17 dan iPadOS 17 sejak pertama kali dirilis September lalu.

iOS 17.2 sudah bisa didownload secara bertahap. Pengguna iPhone bisa melakukan update secara over-the-air (OTA) dengan mengakses menu Settings > General > Software Update.

Yang baru, di iOS 17.2 ini, Apple menyertakan aplikasi baru Journal yang bisa digunakan oleh pengguna iPhone mencatat momen-momen penting dalam hidupnya. Aplikasi Journal ini juga membawa saran, notifikasi berjadwal, dan opsi menambahkan foto dan lokasi.

Dalam situs resminya, Apple berharap aplikasi Journal dapat membantu "pengguna iPhone merefleksikan dan mempraktikkan rasa syukur."

Baca juga: Instalasi iOS 17 di iPhone Masih Rendah, Bug Overheat Jadi Penyebab?

Dikutip KompasTekno, Selasa (12/11/2023), aplikasi ini berbeda dengan aplikasi buatan pihak ketiga seperti Day One, karena di Journal, Apple dapat memberikan saran untuk entri jurnal berdasarkan aktivitas di aplikasi lain.

Aplikasi Journal di iOS 17.2Apple Newsroom Aplikasi Journal di iOS 17.2

Perangkat iPhone bisa menyarankan pengguna untuk mencatat perjalanan yang diisi oleh foto-foto dari rol kamera, disertai dengan perintah menulis seperti "apa yang paling Anda ingat tentang hari Anda?"

Journal juga bisa menyarankan pengguna membuat entri jurnal setelah berolahraga atau seperti mencatat episode podcast yang baru saja didengarkan.

Pengembang pihak ketiga bisa memanfaatkan API Journal, guna mendorong pengguna membuat entri jurnal berdasarkan aktivitas di aplikasi mereka.

Apple mengeklaim aplikasi Journal dienkripsi secara end-to-end dan pengguna memiliki kontrol atas aplikasi mana yang dapat menawarkan saran Jurnal.

Baca juga: 8 Keunggulan iOS 17 Dibanding iOS 16, Salah Satunya Lebih Menarik dalam Berbagi

Selain aplikasi Journal, iOS 17.2 juga membawa fungsi Translate baru saat menekan tombol aksi (Action Button) di perangkat iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Fungsi ini akan menerjemahkan ucapan secara langsung saat berbicara dengan orang lain yang menggunakan bahasa berbeda.

Seperti disebut di atas, iOS 17.2 merupakan update besar kedua yang dirilis Apple. Pada iOS 17.1 sebelumnya, Apple menambahkan fungsi AirDrop, StandBy, dan fitur di Apple Music.

Selain merilis iOS 17.2, Apple juga merilis sistem operasi baru untuk ekosistemnya, yakni iPadOS 17.2, WatchOS 10.2, serta macOS Sonoma 14.2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com