Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Keluhkan Baterai Boros Setelah Update ke iOS 17

Kompas.com - 20/09/2023, 17:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Sistem operasi (OS) teranyar iPhone, yakni iOS 17 sudah bisa diunduh secara global, termasuk di Indonesia per Selasa (19/9/2023). Akan tetapi, sejumlah pengguna yang sudah memperbarui (update) ke iOS 17, mengaku mengalami masalah pada konsumsi baterai.

Mereka merasa baterai iPhone cepat terkuras setelah update ke iOS 17. Keluhan ini disampaikan beberapa pengguna di platform X (dulu Twitter) dan forum online Reddit.

"Astaga, konsumsi baterai di iOS 17 bikin syok," ujar salah seorang pengguna dengan handle @vi6hz di platform X.

"Dua bulan pakai iPhone dan update ke iOS 17, Battery Health turun 1 persen. Apple mengalami #masalah baterai #apple #ios17 #ios7 #nothappy #iPhone14ProMax," ujar pengguna dengan handle @animax_summer.

Baca juga: Ramai soal Fitur Unik iOS 17 buat Kenalan sama Orang Baru, Apa Itu?

Keluhan serupa juga disampaikan pengguna iPhone di forum online Reddit. Pengguna dengan handle @vas4oo menjelaskan ia tidak mengaktifkan fitur Always on Display (AoD), tidak bermain game, bahkan membatasi aplikasi berjalan di latar belakang. Akan tetapi, daya baterai turun tetap turun drastis setelah mengunduh iOS 17.

"Jadi, saya sudah menggunakan iOS 17 versi beta di iPhone 14 Pro Max sejak versi beta pertama (meluncur). Namun, saya melihat perubahan signifikan terhadap durasi pemakaian baterai. Saya tidak bermain game, tidak menggunakan AoD, dan membatasi seluruh aplikasi berjalan di latar belakang (background activity) dan baterai tetap terkuras," jelas pengguna.

Selain ramai di media sosial, sejumlah pengguna juga mengeluhkan masalah serupa di laman Apple Developers.

Tes konsumsi baterai

Untuk memastikan masalah konsumsi baterai di iPhone setelah update iOS 17, seorang YouTuber dari kanal iAppleBytes melakukan pengujian.

Sebagai informasi, beberapa model iPhone yang bisa mengunduh iOS 17 adalah keluaran tahun 2018 hingga paling baru. Model tersebut mencakup iPhone 14 series, iPhone 13 series, iPhone 12 series, iPhone 11 series, iPhone XS series, iPhone XR, iPhone SE 2020, dan iPhone SE 2022.

Dalam pengujian ini, iAppleBytes menggunakan iPhone SE 2020, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13. Ia membandingkan kondisi perangkat saat masih menjalankan iOS versi lama dan setelah di-upgrade ke iOS 17.

Sang YouTuber menggunakan fitur pengujian baterai dari platform benchmarking Geekbench.

Hasilnya, baterai iPhone yang diuji cepat terkuras setelah melakukan update iOS 17. Berdasarkan grafik yang dibagikan, iPhone 13 dan iPhone XR menjadi dua model yang mengalami penurunan paling drastis.

Seorang YouTube menguji coba daya tahan baterai iPhone yang sudah di-update ke iOS 17iAppleBytes Seorang YouTube menguji coba daya tahan baterai iPhone yang sudah di-update ke iOS 17

Saat masih menjalankan sistem operasi iOS 16.7, skor benchmark dari iPhone 13 dan iPhone XR masing-masing berada di angka 4.620 poin dan 3.376 poin. Sementara itu, ketika menjalankan iOS 17, skornya turun menjadi 4.100 poin dan 2.528 poin.

Baca juga: 7 Fitur iOS 17 yang Menarik Dicoba, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy

Namun, hal tersebut wajar terjadi di iPhone XR. Sebab, melansir dari GizChina, seperti yang dikutip KompasTekno, Rabu (20/9/2023), performa baterai dari iPhone XR memang sudah menurun, dan menjadi lebih boros sejak peluncuran iOS 14.

Data grafik yang dibagikan iAppleBytes juga meninjau performa baterai dari sistem operasi yang berbeda-beda, mulai dari iOS 15 hingga iOS 17. Kendati demikian, hasil akhirnya sama, yakni terjadi penurunan skor performa baterai setelah update ke iOS 17.

Apple belum memberikan tanggapan terkait hal ini. Bagi pengguna iPhone yang belum update ke iOS 17, tidak ada salahnya menunda update dan menunggu pembaruan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com