Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Mendadak Rilis iOS 17.1.2 Tambal Celah Berbahaya, Pengguna iPhone Wajib Update

Kompas.com - 01/12/2023, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mendadak merilis iOS 17.1.2 dan iPadOS 17.1.2. Pembaruan kali ini bisa dibilang penting bagi pengguna iPhone dan iPad untuk memperbaiki sejumlah masalah (bug) berbahaya yang ada di versi iOS dan iPadOS sebelumnya.

Ada dua bug yang diperbaiki Apple, yaitu  "WebKit Bugzilla: 265041" dan "WebKit Bugzilla: 265067". Kedua bug ini berasal dari peramban (browser) Safari. Bug ini disebut sudah muncul dan dieksploitasi sejak versi iOS 16.7.1.

Menurut Apple, WebKit Bugzilla: 265041 bisa digunakan sebagai celah untuk mencuri data sensitif pengguna lewat sebuah konten yang diakses melalui Safari.

Kemudian WebKit Bugzilla: 265067 bisa digunakan berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengeksekusi sejumlah kode berbahaya melalui sebuah website yang diakses oleh pengguna.

Karena efek dari bug ini bisa dibilang cukup mengkhawatirkan, pengguna iPhone dan iPad disarankan untuk segera memperbarui versi OS mereka ke iOS 17.1.2 atau iPadOS 17.1.2.

Baca juga: Update iOS 17.0.3 Terbukti Bikin iPhone 15 Pro Lebih Adem

Cara memperbarui iOS ke versi teranyar bisa dilakukan melalui menu "Settings" > "General" > "Software Update". Di laman Software Update, pengguna bisa mengeklik tombol "Download and install" apabila ada versi iOS atau iPadOS terbaru.

Adapun model iPhone dan iPad yang mendukung pembaruan iOS 17.1.2 dan iPadOS 17.1.2 bisa dilihat dalam informasi berikut ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari laman AppleSupport, Jumat (1/12/2023).

  • iPhone XS atau yang lebih baru
  • iPad Pro 12,9 inci (Generasi ke-2) atau yang lebih baru
  • iPad Pro 10,5 inci (Generasi ke-1) atau yang lebih baru
  • iPad Pro 11 inci (Generasi ke-1) atau yang lebih baru
  • iPad Air (Generasi ke-3) atau yang lebih baru
  • iPad (Generasi ke-6) atau yang lebih baru
  • iPad mini (Generasi ke-5) atau yang lebih baru

iOS 17 banjir keluhan

iOS 17 yang dirilis pada September lalu, mendapat banyak keluhan dari pengguna. Mulai dari masalah keamanan, membuat perangkat panas, hingga baterai cepat terkuras.

Karena muncul keluhan yang bertubi-tubi, Apple pun rajin memperbaiki masalah di iOS ini.

Baca juga: Apple Update iOS iPhone 15 di Toko Tanpa Buka Kardus

Pada Oktober lalu Apple merilis iOS 17.1 untuk memperbaiki sejumlah masalah (bug) yang ada di iPhone 15, salah satunya masalah layar di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Sejumlah pengguna melaporkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mereka mengalami screen burn-in. Screen burn-in adalah perubahan warna permanen pada layar, yang terjadi saat gambar ditampilkan di layar dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian beberapa minggu lalu Apple mengelontorkan iOS 17.1.1 untuk memperbaiki masalah fitur Apple Pay dan NFC di iPhone, berikut bug widget cuaca (Weather) di iPad.

Apple juga konon sedang bersiap untuk merilis iOS 17.2 menjelang akhir tahun ini. Update tersebut akan membawa pembaruan besar untuk sejumlah aplikasi dan menambal bug.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com