Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Pencarian Google 2023: Shakira, Perang Israel-Gaza, Barbie, hingga Bibimbap

Kompas.com - 14/12/2023, 10:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Google

KOMPAS.com - Google resmi meluncurkan laporan "Year in Search" untuk tahun 2023.

Lewat Year in Search, kita bisa melihat hal-hal yang paling banyak di-googling alias ditelusuri di Google Search di seluruh dunia sepanjang tahun ini. Mulai dari tokoh, topik berita, lagu, film, serial TV, musisi, aktor, atlet, game, hingga resep.

Laporan Year in Search 2023 ini juga melanjutkan tradisi Year in Search yang sudah berlangsung selama 13 tahun terakhir.

Berikut daftar lengkap Year in Search 2023

Tokoh paling banyak di-Googling

Insiden bintang American Football dari tim Buffalo Bills, Damar Hamlin. Damar Hamlin terjatuh setelah bertabrakan dengan pemain lawan dalam duel kontra Cincinnati Bengals.AP/ Joshua A. Bickel Insiden bintang American Football dari tim Buffalo Bills, Damar Hamlin. Damar Hamlin terjatuh setelah bertabrakan dengan pemain lawan dalam duel kontra Cincinnati Bengals.
Tahun ini, Damar Hamlin menjadi nama paling banyak dicari di Google Search. Damar Hamlin adalah Bintang American Football dari tim Buffalo Bills.

Baca juga: Nasib Google Podcasts Tinggal Menunggu Bulan

Hamlin mengalami insiden serangan jantung saat menjalani laga National Football League (NFL) pada 2 Januari 2023. Saat itu, Damar Hamlin terjatuh setelah bertabrakan dengan pemain lawan dalam duel kontra Cincinnati Bengals.

Insiden itu membuat nama Damar Hamlin dicari banyak orang dengan kueri "damar hamlin video", "update on damar hamlin", "damar hamlin what happened", termasuk dengan topik terkait Cincinnati Bengals dan penyakit henti jantung.

Berikut daftar lengkap 10 tokoh paling banyak di-Googling sepanjang 2023:

  • Damar Hamlin
  • Jeremy Renner
  • Andrew Tate
  • Kylian Mbappé
  • Travis Kelce
  • Jenna Ortega
  • Lil Tay
  • Danny Masterson
  • David Beckham
  • Pedro Pascal

Film yang paling banyak ditelusuri

Barbenheimer, kombinasi film Barbie dan Oppenheimer yang amat dinantikan publikRepro bidik layar via Twitter Barbenheimer, kombinasi film Barbie dan Oppenheimer yang amat dinantikan publik
Untuk tahun 2023, Barbie menjadi film paling banyak dicari di Google Search. Film garapan sutradara Greta Gerwig yang tayang pada Juli 2023 ini paling banyak ditelusuri dengan kueri jadwal tayang serta Barbie selfie generator.

Barbie Selfie AI Generator ini disiapkan langsung oleh Warner Bros selaku distributor film Barbie 2023.

Tim film Barbie menyiapkan Selfie AI Generator, situs yang bisa membuat foto pengguna disulap layaknya poster Barbie atau Ken. Warganet pun beramai-ramai mencoba Barbie Selfie AI Generator ini dan mengunggah hasilnya ke media sosialnya.

Barbie juga paling banyak dicari dengan kueri "Oppenheimer", film garapan sutradara kawakan Christopher Nolan.

Baca juga: Christopher Nolan Beberkan Teknologi di Balik Oppenheimer, Film 2D Serasa 3D

Hal ini dikarenakan film Barbie yang dibintangi oleh aktris/aktor kawakan, seperti Margot Robbie dan Ryan Gosling juga tayang bersamaan dengan Oppenheimer, yakni 21 Juli 2023.

Oppenheimer sendiri menjadi film paling banyak kedua di Google in Search 2023, tepat di bawah Barbie.

Menjelang penayangan perdana, warganet ramai membicarakan apakah nonton Oppenheimer terlebih dulu, dilanjutkan dengan Barbie, atau sebaliknya. Banyak warganet juga yang membagikan ekspektasinya terhadap dua film ini. Fenomena ini pun memunculkan istilah "Berbenheimer" di internet.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com