Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OpenSignal: Telkomsel Jadi Operator Seluler Paling Ngebut dan Luas

Kompas.com - 21/12/2023, 10:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Lembaga riset pengalaman dan jaringan seluler global, OpenSignal merilis laporan "Pengalaman Jaringan Seluler" untuk periode Desember 2023.

Dalam laporan ini, Telkomsel dinobatkan menjadi operator seluler (opsel) yang paling ngebut dan paling luas jangkauan jaringan selulernya dibandingkan empat opsel lainnya di Indonesia.

Mari kita bahas satu per satu.

Kecepatan download Telkomsel 26,1 persen

Telkomsel juara satu dalam memberikan pengalaman kecepatan download atau unduhan se-Indonesia, dengan kecepatan 26,1 Mbps. OpenSignal Telkomsel juara satu dalam memberikan pengalaman kecepatan download atau unduhan se-Indonesia, dengan kecepatan 26,1 Mbps.
OpenSignal mencatat, Telkomsel juara satu dalam memberikan pengalaman kecepatan download atau unduhan se-Indonesia, dengan kecepatan 26,1 Mbps.

Baca juga: Layanan VoLTE Telkomsel Kini Tersedia di Semua Kota dan Kabupaten di Indonesia

Setelah Telkomsel, peringkat kedua diduduki oleh XL Axiata dengan kecepatan 22,8 Mbps. Kemudian disusul Tri (3) 18,6 Mbps, Indosat 18,2 Mbps, dan Smartfren di posisi terakhir dengan kecepatan 13,6 persen.

Dalam keterangan tertulis OpenSignal yang diterima KompasTekno, Kamis (21/12/2023), kecepatan unduh rata-rata pengguna Telkomsel meningkat sebesar 4,1Mbps (18,6 persen) dibandingkan dengan laporan terakhir kami di Juni 2023.

Namun, pengguna Tri dan Indosat tercatat mengalami peningkatan yang lebih besar dalam persentase di mana Tri naik 21,4 persen, dari 15,3 Mbps menjadi 18,6 Mbps. Sementara, Indosat naik 19,3 persen ke 18,3Mbps

Sebagai perbandingan, peningkatan pada XL dan Smartfren lebih sedikit, dengan pengguna masing-masing mengalami kecepatan unduh lebih cepat sebesar 1,7Mbps (8,2 persen) dan 1Mbps (7,5 persen).

Kecepatan upload Telkomsel 11,1 Mbps

Telkomsel juga menjadi opsel paling ngebut untuk urusan upload (unggah) ke internet, dengan kecepatan 11,1 persen.OpenSignal Telkomsel juga menjadi opsel paling ngebut untuk urusan upload (unggah) ke internet, dengan kecepatan 11,1 persen.
Dalam laporan OpenSignal, Telkomsel juga menjadi opsel paling ngebut untuk urusan upload (unggah) ke internet, dengan kecepatan 11,1 persen.

Sebagai perbandingan, kecepatan upload Tri adalah 9,7 Mbps, XL 9,5 Mbps, Indosat 9,3 Mbps, dan terakhir Smartfren sebesar 2,1 Mbps.

Kelima opsel di Indonesia kompak mengalami peningkatan kecepatan upload. Dibandingkan dengan laporan sebelumnya, pengguna XL mengalami peningkatan terbesar, yakni 1,8Mbps (23 persen) dalam kecepatan unggah rata-rata mereka.

Baca juga: OpenSignal: Telkomsel Opsel Terbaik untuk Main Game di Jaringan 5G

Kemudian diikuti Telkomsel 1,6Mbps (17,2 persen) dan Tri 1,1 Mbps (13,3 persen). Pengguna Indosat dan Smartfren juga mengalami peningkatan kecepatan unggah masing-masing sebesar 0,9Mbps (11,2 persen) dan 0,3Mbps (13,2 persen).

Operator pelat merah ini juga dinobatkan memiliki cakupan jangkauan jaringan seluler terluas di Indonesia pada Desember 2023, dengan 8,54 poin dari skala 10 poin.OpenSignal Operator pelat merah ini juga dinobatkan memiliki cakupan jangkauan jaringan seluler terluas di Indonesia pada Desember 2023, dengan 8,54 poin dari skala 10 poin.

Operator pelat merah ini juga dinobatkan memiliki cakupan jangkauan jaringan seluler terluas di Indonesia pada Desember 2023, dengan 8,54 poin dari skala 10 poin.

Sebagai perbandingan, opsel Indosat dan Tri menempati posisi berikutnya dengan skor 4,8 poin. Diikuti oleh XL dengan skor 4,5 poin atau hampir dua kali lipat lebih besar dari Smartfren yang memperoleh skor 2,2 poin.

Pengalaman jangkauan ini mengukur jangkauan geografis dari area berpopulasi. Menurut OpenSignal, jangkauan pengalaman ini menggambarkan dengan lebih akurat ekspektasi jangkauan dan pengalaman dari pengguna biasanya.

Menurut OpenSignal, hasil laporan di atas menggunakan data yang dikumpulkan pada periode 1 Agustus hingga 29 Oktober 2023. Laporan "Pengalaman Jaringan Seluler" dari untuk periode Desember 2023 bisa dibaca selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a

Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com