Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaopu Cloud Gandeng Edge DC Jadi Mitra Data Center di Indonesia

Kompas.com - 21/12/2023, 13:32 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jaringan internet Edge DC, menjalin kerja sama dengan penyedia layanan edge cloud global, Kaopu Cloud. Dalam kerja sama ini, kedua perusahaan membentuk simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Melalui kolaborasi tersebut, Kaopu Cloud akan memasang PoP (Point-of-Presence) jaringan inti mereka di Edge DC.

Sementara Edge DC yang merupakan anak perusahaan penyedia jaringan internet Indo Internet (Indonet) ini akan mendukung kebutuhan colocation dan jaringan Kaopu Cloud melalui layanan infrastruktur digital mereka termasuk penggunaan Edge Peering Internet Exchange (EPIX).

EPIX sendiri berperan untuk pertukaran data via internet yang menawarkan konektivitas ultra-cepat, didukung oleh platform jaringan yang kuat.

"Selalu ada tantangan dalam memasuki pasar baru, dan memiliki mitra lokal yang terpercaya seperti mereka (Edge DC/Indonet) akan membantu bisnis kami berkembang dengan cepat dan melayani pengguna dengan lebih baik," kata CEO Kaopu Cloud Max Liu, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Data Center Kedua Edge DC di Jakarta Beroperasi Akhir 2023

Kaopu Cloud sendiri masuk pasar Indonesia pada awal tahun ini karena melihat adanya peluang untuk menghadirkan layanan cloud di Tanah Air.

"Kami percaya bahwa ada peluang pertumbuhan yang sangat besar di Indonesia dan kami menghargai dukungan kuat yang diberikan oleh mereka selama ini," lanjut Max Liu.

Kaopu Cloud menyediakan layanan cloud dengan latensi rendah dan skalabilitas tinggi.

Strategi mereka setiap kali memasuki pasar baru adalah dengan mencari mitra lokal dengan sumber daya data center dan konektivitas yang dapat menjangkau sebagian besar pengguna secara cepat dan efisien.

Baca juga: Data Center Edge DC di Jakarta Pakai Energi Ramah Lingkungan

"Kami merasa senang dan terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh Kaopu Cloud sebagai mitra data center-nya ketika mereka ekspansi ke pasar Indonesia," kata Stephanus Oscar, CEO Edge DC.

"Melalui kolaborasi dengan penyedia layanan cloud terkemuka seperti Kaopu Cloud, kami mempercepat misi kami untuk menjembatani kesenjangan digital dan memperkuat infrastruktur digital di pasar digital yang berkembang pesat di Indonesia," pungkas Stephanus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com