Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Dr. Sri Safitri, ST, B.Eng (Hons), M. Eng
Head of Education Ecosystem PT Telkom Indonesia Tbk

Dr. Sri Safitri, ST, B.Eng (Hons), M. Eng adalah Head of Education Ecosystem PT Telkom Indonesia Tbk. Sebelumnya adalah Direktur Marketing Telkomtelstra, perusahaan patungan Telkom Indonesia dan Telstra Australia.
Uni Fitri, sapaannya, merupakan Doktor Manajemen Universitas Brawijaya, juga pembicara internasional dan aktif di asosiasi industri seperti ACIOA (ASEAN CIO Association) sebagai Konselor Indonesia.
Saat ini, juga menjabat Wakil Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Co-Founder Indonesia Blockchain Society (IBS), Ketua Umum Indonesia CX Professional (ICXP), Secretary General Partnership Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecedasan Artifisial (KORIKA) dan President FAST (Forum Alumni Universitas Telkom) 2021-2025.

kolom

Transformasi Telco Menjadi Techco atau Terkubur?

Kompas.com - 24/12/2023, 09:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SINYAL perubahan model bisnis operator telekomunikasi (Telco) menjadi perusahaan teknologi (Techo) belakangan ini sedang populer.

Banyak CEO dan dewan direksi perusahaan telekomunikasi dari penjuru dunia ingin menjadikan perusahaannya tumbuh dan beradaptasi terhadap dinamika perubahan yang terjadi.

Seperti layaknya bisnis pada umumnya, di dalam bisnis telekomunikasi pun ketangkasan untuk beradaptasi dengan perubahan akan menentukan keberlangsungan bisnis.

Ini adalah cara baru untuk mencerminkan keinginan lama perusahaan telekomunikasi tradisional untuk berubah.

Scott Patty, Chief Technology Officer (CTO) dari Vodafone Group, perusahaan telekomunikasi asal Inggris menyatakan dalam DSP Leaders World Forum 2023, bahwa tantangan perubahan dari Telco ke Techo lebih banyak tentang model pengoperasian, cara-cara baru dalam mengubah budaya kerja, dibandingkan tentang teknologi.

“Perjalanan dari Telco ke Techo memerlukan persiapan panjang dan matang karena menyentuh seluruh aspek organisasi, mulai dari pengembangan produk baru, membentuk sumber daya yang dibutuhkan hingga akhirnya masuk ke pasar dan memperoleh revenue,” kata dia.

Tidak dapat dipungkiri, faktor-faktor yang mendorong perubahan dalam dunia bisnis telekomunikasi juga terus berubah.

Beberapa faktor pasar paling signifikan yang saat ini harus menjadi perhatian para pemimpin telekomunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Kemungkinan resesi global
  2. Peraturan dan regulasi telekomunikasi yang semakin ketat
  3. Pemenuhan agenda ESG (Environment, Social dan Good governance)
  4. Meningkatnya harapan pelanggan
  5. Model bisnis telekomunikasi yang terus berubah
  6. Perubahan teknologi dapat menciptakan peluang – dan ancaman baru
  7. Perusahaan dengan model bisnis dan teknologi baru yang sangat kompetitif.

Dibutuhkan ketangkasan strategi untuk membentuk model bisnis telekomunikasi baru yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat modern yang telah memasuki revolusi industri 5.0.

Karena apabila berdiam diri, sinyal perubahan tersebut akan memberi tekanan bagi model bisnis telekomunikasi tradisional yang gagal melakukan relevansi bisnis dengan kebutuhan masyarakat yang juga berubah dan bertumbuh.

Saat ini, berbagai kepentingan strategis muncul terkait masing-masing model tersebut.

Salah satu tantangan utama para pemimpin perusahaan telekomunikasi adalah memutuskan bagaimana mengatasi perubahan untuk meningkatkan potensi pertumbuhan masa depan.

Berikut beberapa langkah strategis yang bisa diambil untuk menjaga relevansi model bisnis telekomunikasi baru yang menyesuaikan dengan dinamika perubahan yang ada.

1. Memaksimalkan pemanfaatan jaringan

Kunci sukses dalam model bisnis ini mengharuskan perusahaan telekomunikasi untuk memanfaatkan jaringan konektivitas yang sudah dimiliki.

Hal ini mengharuskan perusahaan telekomunikasi tetap berpegang pada competitive advantage legacy-nya dan fokus pada penyediaan konektivitas dalam skala besar, kecepatan tinggi, serta ketersediaan tinggi.

Hal ini tentunya dilakukan dengan memanfaatkan aset modal dan investasi infrastruktur yang ada dan hanya melakukan sedikit perubahan dalam model bisnis.

Namun, model bisnis ini kemungkinan besar akan mengalami komoditisasi di mana harga akan terus naik yang berdampak pada penurunan margin tanpa adanya pertumbuhan baru di sisi volume.

Sehingga, hal utama yang harus menjadi fokus pada bisnis konektivitas adalah menurunkan biaya secara besar-besaran.

Namun para pelaku penyedia konektivitas masih harus menemukan cara baru untuk mengembangkan dan meningkatkan penggunaan jaringan jika mereka berharap dapat menjadikan model ini lebih berkelanjutan.

2. Meningkatkan managed services

Model bisnis ini memiliki fokus pada peningkatan kualitas value chain, di mana perusahaan telekomunikasi dapat menawarkan rangkaian solusi yang lengkap kepada klien, khususnya pelanggan bisnis.

Cara ini juga dapat meningkatkan volume dan penggunaan jaringan telekomunikasi tersebut. Model ini memiliki serangkaian nilai tambah yang inovatif.

Dari sisi B2B, perusahaan telekomunikasi dapat menawarkan solusi layanan keamanan siber serta layanan Managed Network Services, seperti Network as a Service (NaaS).

Kini beberapa perusahaan menyesuaikan layanan ini ke dalam sektor tertentu yang juga berpusat pada konektivitas, seperti pada layanan perbankan, manufaktur, kesehatan, asuransi, edukasi, dan ritel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com