Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Hadirkan Aplikasi Telepon di PC Windows

Kompas.com - 31/12/2023, 10:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Samsung menghadirkan aplikasi telepon untuk perangkat berbasis sistem operasi (OS) Windows, disebut Samsung Phone.

Samsung Phone akan memudahkan pengguna mengirim pesan teks atau melakukan telepon dari laptop, khususnya ketika laptop terhubung ke smartphone atau tabet.

Aplikasi ini baru mendukung laptop keluaran Samsung saja, yaitu Galaxy Book 4. Jadi, pengguna Galaxy Book 4 bisa mengirim pesan teks atau menelepon seseorang lewat laptop, bila terhubung ke smartphone atau tablet Galaxy.

Baca juga: Di Galaxy Note 20, Samsung DeX Bisa Tersambung ke TV Tanpa Butuh Kabel

Samsung Phone sudah tersedia di Microsoft Store, sehingga bisa diunduh oleh pengguna Galaxy Book 4.

"Jangan pernah lewatkan telepon penting lagi. Pakai nomor telepon dan paket data dari HP Galaxy Anda untuk membuat dan menerima telepon di PC/laptop," demikian deskripsi Samsung Phone di Microsoft Store.

Berdasarkan deskripsi tersebut, pengguna bisa melakukan telepon dari laptop menggunakan nomor yang sama seperti yang terpasang di ponsel.

Gambar di Microsoft Store juga menunjukkan bahwa ketika terdapat panggilan masuk, pengguna akan menerima pop up notifikasi di laptop. Notifikasinya menampilkan nama kotak, detail kontak hingga opsi untuk mengirim pesan teks.

Tampilan aplikasi Samsung Phone di Microsoft StoreSamMobile Tampilan aplikasi Samsung Phone di Microsoft Store

Di ponsel, notifikasi telepon juga akan muncul seperti biasa. Jadi, pengguna tidak akan kelewatan telepon masuk ketika memakai laptop yang sudah terhubung ke smartphone.

Aplikasi semacam ini sebenarnya sudah ada untuk perangkat berbasis Windows, yaitu Phone Link. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengecek log panggilan dan pesan dari smartphone berbasis Android.

Baca juga: Bocoran Kemampuan Kamera Samsung Galaxy S24 Ultra

Phone Link juga memungkinan pengguna menerima telepon, khususnya ketika ponsel pengguna terhubung ke PC/laptop lewat Bluetooth.

Namun sebagai aplikasi yang tersedia untuk perangkat Samsung, Samsung Phone boleh jadi menawarkan layanan yang lebih stabil, dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Minggu (31/12/2023).

Pantauan KompasTekno, aplikasi Samsung Phone belum tersedia di Microsoft Store Indonesia. Ketersediaannya mungkin bertahap sebagaimana aplikasi pada umumnya.

Browser Samsung Internet hadir di PC

Selain menggulirkan aplikasi Samsung Phone, perusahaan asal Korea Selatan itu November lalu juga memboyong peramban (browser) Samsung Internet ke PC berbasis Windows. Sebelumnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat seperti smartphone atau tablet.

Dengan tersedianya Samsung Internet di PC, pengguna ponsel atau tablet Samsung Galaxy bisa melakukan sinkronisasi data dengan mudah dari smartphone atau tablet ke perangkat komputer.

Pengguna juga bisa menyimpan atau mem-bookmark berbagai website favorit di ponsel dan melihatnya di PC, melihat riwayat (history) penjelajahan internet dari ponsel Samsung Galaxy di PC, dan lain sebagainya.

Peramban ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengimpor semua data browsing, seperti bookmark, browsing history, dan lain-lain, yang tersimpan di browser internet lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com