Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Ungkap Warganet Mulai Bosan Pakai X Twitter

Kompas.com - 08/01/2024, 14:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik media sosial X (Twitter) Elon Musk, mengeklaim bahwa pengguna platform microblogging X Twitter mengalami pertumbuhan waktu penggunaan (total usage). Setidaknya begitulah lewat statistik X Twitter yang dibagikan belum lama ini.

Namun, ketika data diuraikan, justru didapatkan bahwa total waktu yang dihabiskan pengguna di platform X justru menurun. Dengan kata lain, bisa dibilang pengguna mulai bosan main X Twitter pada awal 2024 ini.

Mari kita uraikan. Dalam statistik per 3 Januari 2024 yang dibagikan Elon Musk, rata-rata total usage pengguna adalah sebesar 360,7 miliar detik atau setara 6,01 miliar menit per hari.

Angka ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan seluruh pengguna dalam aplikasi dari periode 28 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

X mengklaim memiliki 253 juta pengguna harian pada update terakhir. Untuk mendapatkan angka penggunaa masing-masing pengguna per hari, kita bisa membagi total menit dengan total pengguna X.

Baca juga: Harga Langganan Centang Emas X/Twitter Kini Lebih Murah

Setelah dihitung, ternyata tiap pengguna X rata-rata menghabiskan waktu 23,8 menit di aplikasi setiap harinya. Waktu penggunaan per pengguna per hari ini ternyata jauh berbeda dari laporan pada Oktober 2023.

Dalam blog X Twitter, CEO X Linda Yaccarino menyebutkan bahwa rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari 32 menit dalam seharinya di X. Angka ini lebih lama sekitar 8 menit dibandingkan waktu yang dihabiskan pengguna pada awal Januari 2024 ini.

Jadi meskipun angka time spent keseluruhannya fantastis (360,7 miliar detik), sebenarnya yang dihabiskan per pengguna tampaknya menurun, bukan bertambah seperti yang diklaim Musk.

Bila waktu yang dihabiskan pengguna di X Twitter naik sesuai klaim Elon Musk, maka jumlah total pengguna seharusnya menurun.

X Twitter mungkin benar dalam melaporkan bahwa pengguna menghabiskan 32 menit per hari di aplikasi.

Baca juga: Nilai X Twitter Terus Anjlok sejak Dibeli Elon Musk

Namun, jika hal tersebut benar, berarti X kini hanya melayani 185 juta pengguna per hari, turun sebesar 68 juta pengguna dari 253 juta pengguna pada Oktober 2023.

Skenario lain, X Twitter hanya menggunakan total waktu pengguna aktif sebagai pengukuran selektif saja, dan ternyata selama seminggu terakhir, jumlahnya meningkat.

Namun secara keseluruhan, angka tersebut tidak meningkat seiring berjalannya waktu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SocialMediaToday, Senin (8/1/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com