Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dengan Mudah

Kompas.com - 08/01/2024, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android. Foto kini bisa menjadi salah satu barang penting karena menyimpan memori atau kenangan yang cukup berharga bagi pengguna.

Kehilangan foto berharga di HP Android mungkin bisa membuat pengguna bingung dan sedih. Sebagaimana cukup umum diketahui, HP Android saat ini bisa dipakai buat mengambil foto secara langsung dan menyimpannya di galeri.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung di HP Android dengan Mudah

Dengan fitur-fitur foto dan kamera di HP Android, pengguna bisa menangkap momen, menyimpan, dan membukanya lagi secara cepat hanya dalam satu perangkat. Akan tetapi, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja kehilangan foto yang tersimpan di HP Android.

Kehilangan itu bisa ditimbulkan dari keteledoran pengguna. Misalnya, ketika melihat-lihat foto, pengguna tanpa sengaja menghapus foto berharga miliknya dari galeri HP Android. Jika terhapus seperti ini, pengguna mungkin sangat ingin mengembalikannya.

Oleh karena itu, pengguna penting kiranya untuk mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android. Foto yang terhapus di HP Android pada dasarnya masih bisa diselamatkan atau dikembalikan lagi.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini soal cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android

Cara melihat foto yang terhapus di HP Android dan mengembalikannya itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android, yang bisa dilakukan pengguna dengan mudah dan praktis.

Salah satunya yang paling mudah adalah pengguna bisa mencari foto yang telah terhapus di HP Android lewat folder Recycle Bin. Kemudian, pengguna juga bisa mengembalikan foto yang terhapus di HP Android melalui beberapa layanan Cloud.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap soal beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android adalah sebagai berikut.

1. Cek di folder Recycle Bin

Sebagaimana sempat disebutkan di atas, cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android yang pertama adalah dengan memeriksa di folder Recycle Bin. Folder Recycle Bin itu bisa ditemukan di galeri masing-masing HP Android.

Setelah foto dihapus, foto sebetulnya belum dihapus secara penuh dari HP. Foto tersebut masih tersimpan di folder Recycle Bin dalam kurun waktu tertentu (biasanya 30 hari sejak dihapus) dan bisa dipulihkan kembali.

Di tiap HP Android, cara mengakses folder Recycle Bin untuk memeriksa foto yang telah terhapus itu bisa berbeda-beda.

Misalnya, jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa mengakses menu “Album” pada aplikasi galeri foto. Setelah itu, pilih menu “Item terhapus” untuk mengakses folder Recycle Bin.

Kemudian, di folder tersebut, pengguna bakal bisa melihat semua foto yang terhapus dan mengembalikannya lagi ke galeri HP.

2. Cek di Google Photos

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android yang kedua adalah dengan memeriksa di Google Photos. Sebagai informasi, Google Photos merupakan layanan Cloud untuk menyimpan dan berbagi foto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com