Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus History YouTube di HP Android, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 20/11/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara menghapus history YouTube di HP Android kiranya perlu diketahui pengguna. Sebagai informasi, history YouTube merupakan data riwayat aktivitas menonton video yang telah dilakukan pengguna dalam kurun waktu tertentu.

Data riwayat tontonan itu akan tersimpan dan bisa diakses semuanya saat pengguna telah login akun Google (akun Gmail) di YouTube. History YouTube ini dapat memudahkan pengguna untuk menemukan kembali video yang pernah ditonton dengan cepat.

Baca juga: 4 Trik Mengatasi AdBlock Tidak Berfungsi di YouTube

Melalui data itu, pengguna tak perlu repot mencari video yang pernah ditonton lewat kolom pencarian YouTube bila hendak menontonnya kembali. Pengguna dapat mengakses video-video yang pernah ditonton sebelumnya di history YouTube.

Selain mempercepat proses menemukan video yang pernah ditonton, data history juga berfungsi untuk memberikan rekomendasi video pada pengguna. YouTube menggunakan data riwayat tontonan untuk menyajikan rekomendasi video ke pengguna.

Seiring bertambahnya aktivitas menonton video di aplikasi YouTube HP Android, data riwayat tontonan pengguna pun bakal bertambah pula. Saat history YouTube di HP Android menumpuk, pengguna sejatinya diberikan pilihan untuk dapat menghapusnya.

Menghapus data riwayat tontonan berfungsi untuk mengatur ulang rekomendasi video yang diberikan YouTube. Oleh karena itu, pengguna perlu untuk mengetahui cara menghapus history YouTube di HP Android.

Lantas, bagaimana cara menghapus history YouTube di HP Android? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus history YouTube di HP Android dengan mudah dan praktis.

Baca juga: 4 Cara Nonton YouTube Tanpa Iklan, Mulai dari Gratis hingga Berbayar

Cara menghapus history YouTube di HP Android

Cara menghapus history YouTube di HP Android itu cukup mudah. Untuk melakukannya, pengguna bisa membuka opsi “History” melalui menu profil. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara menghapus history YouTube di HP Android adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi YouTube di HP Android dan pastikan telah login akun.
  • Kemudian, buka menu profil dan pilih menu “History”.
  • Selanjutnya, pengguna bakal disajikan dengan daftar riwayat semua video yang pernah ditonton.
  • Pada daftar riwayat itu, pengguna dapat menghapus semua history YouTube dengan klik ikon gerigi roda dan pilih opsi “Clear all watch history”. Selain itu, pengguna juga bisa menghapus historysatu per satu dengan klik opsi hapus riwayat pada tiap video.
    Ilustrasi cara menghapus history YouTube di HP Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus history YouTube di HP Android.
  • Untuk menghapus history YouTube dengan pengaturan lebih lanjut, pengguna dapat klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Manage all history”.
  • Saat mengetuk opsi tersebut, pengguna bakal disajikan dengan halaman pengelolaan akun Google untuk mengatur history YouTube.
  • Di halaman itu, pengguna bisa menghapus history YouTube dari periode waktu tertentu. Kemudian, pengguna juga bisa mengaktifkan penghapusan riwayat tontonan YouTube secara otomatis dalam kurun waktu tertentu.

Ilustrasi cara menghapus history YouTube di HP Android.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus history YouTube di HP Android.

Cukup mudah bukan cara menghapus history YouTube di HP Android? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengatur ulang rekomendasi video yang diberikan YouTube berdasarkan data riwayat tontonan.

Baca juga: Cara Blokir Komentar Tidak Pantas di YouTube

Selain itu, dengan melakukan penghapusan, history YouTube di HP Android jadi tak terlalu menumpuk. Demikianlah penjelasan lengkap cara menghapus riwayat tontonan YouTube di HP Android, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com