Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Ini Bisa Urus dan Ajak Main Anjing Peliharaan Saat Ditinggal Pergi

Kompas.com - 11/01/2024, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Pesta teknologi Consumer Electronics Show (CES) kerap diwarnai dengan berbagai robot "aneh" dengan fungsi yang unik, tetapi memiliki teknologi canggih.

Nah, di CES 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), pekan ini, ada robot yang bisa mengajak bermain, mengurus, serta memberi makan binatang peliharaan, terutama untuk jenis anjing.

Robot tersebut bernama Oro Dog Companion Robot buatan perusahaan asal Massachusetts, AS, Ogmen Robotics.

Menurut Ogmen Robotics, Oro dibuat sedemikian rupa supaya bisa memenuhi segala kebutuhan anjing pengguna, terutama ketika mereka sedang bepergian dan tidak di rumah.

Baca juga: Xiaomi Bikin Robot Anjing CyberDog, Dijual Rp 22 Juta

Salah satu tugas yang bisa dijalankan Oro adalah mengajak main anjing. Hal ini bisa dilakukan Oro dengan cara melontarkan bola dari lubang yang ada di bagian tengah depan robot tersebut.

Biasanya, anjing akan mengejar dan mencari bola yang dilontarkan oleh seseorang, tak terkecuali Oro. Nantinya, Oro bisa menerima bola dan melemparnya kembali, apabila anjing tersebut memberikan bola yang dilempar tadi kepada Oro.

Selain mengajak main, Oro juga bisa memberikan makanan kepada anjing peliharaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Ilustrasi Oro Dog Companion Robot.Cnet Ilustrasi Oro Dog Companion Robot.

Makanan ini nantinya akan diberikan melalui sebuah kompartemen yang terpisah dari robot. Boleh jadi, kompartemen ini merupakan aksesori tambahan.

Lalu, Oro juga bisa merekam semua kegiatan yang dilakukan anjing di rumah, serta mencatat semua data terkait anjing tersebut, mulai dari data jadwal makanan tadi, hingga data vaksin dan kesehatan anjing tersebut.

Dilengkapi layar interaktif

Secara desain, Oro juga dilengkapi dengan mikrofon, kamera, dan layar interaktif yang bisa digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan anjingnya ketika mereka sedang bepergian.

Baca juga: Abigail Bailey, Robot AI yang Jadi Asisten Kepala Sekolah di Inggris

Kamera ini juga bisa merekam dan mengambil gambar, sehingga fungsinya bisa mirip kamera pengawas (CCTV) supaya pengguna bisa memantau aktivitas anjing mereka dari jauh.

Di samping memantau, kamera yang tersemat di Oro juga sudah dilengkapi dengan sensor berbasis lidar (ruang). Sensor ini memungkinkan Oro bisa berjalan dengan leluasa, seperti mengikuti pergerakan anjing, tanpa menabrak objek-objek yang ada di dalam rumah.

Ilustrasi Oro Dog Companion Robot.Cnet Ilustrasi Oro Dog Companion Robot.

Oro juga dilengkapi dengan speaker yang bisa mengeluarkan musik untuk menenangkan anjing. Ogmen Robotics mengeklaim bahwa robot ini bisa mendeteksi tanda-tanda bahwa sebuah anjing depresi atau sedang tidak bahagia.

Jika Oro mendeteksi anjing sedang tidak baik-baik saja, maka ia akan memainkan musik yang sesuai untuk meningkatkan mood anjing tersebut.

Rencananya, Oro Dog Companion Robot akan tersedia di AS mulai April mendatang dengan harga 799 dollar AS (sekitar Rp 12,4 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Cnet.com, Kamis (11/1/2024).

Belum ada informasi apakah robot ini akan dijual di luar pasar AS atau tidak. Nah, aksi dari Oro Dog Companion Robot bisa dilihat dalam sebuah tayangan video YouTube yang diunggah Ogmen Robotics di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com