Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP dan Tablet Tangguh Samsung Galaxy XCover 7 dan Tab Active 5 Meluncur

Kompas.com - 11/01/2024, 15:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan dua lini gadget tangguh terbarunya, yakni smartphone Samsung Galaxy XCover 7 dan tablet Samsung Galaxy Tab Active 5.

Keduanya diumumkan di pameran elektronik Consumer Electronics Show (CES) 2024, yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, Rabu (10/1/2024).

Baik HP dan tablet terbaru Samsung itu disebut tangguh karena memang dirancang untuk membantu pengguna bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, khususnya dalam kondisi ekstrem.

Contoh pengguna yang memanfaatkan gawai tangguh (rugged) adalah pekerja tambang dan konstruksi.

Baca juga: Gadget Tangguh Samsung Galaxy XCover 5 dan Tab Active3 Resmi di Indonesia

Ketangguhan duo gawai ini dibuktikan oleh kehadiran sertifikasi MIL-STD-810H yang menunjukkan perangkat bisa digunakan di lingkungan ekstrem. Terdapat juga sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP68.

Bicara soal spesifikasi, Samsung XCover 7 dan Samsung Tab Active 5 membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, misalnya mobilitas yang ditingkatkan berkat konektivitas 5G, performa prosesor yang makin mumpuni, dan memori yang lebih luas.

Kemudian, Samsung XCover 7 menghadirkan kamera belakang yang lebih baik dan layar lebih yang luas. Di sisi lain, Samsung Tab Active 5 menghadirkan baterai yang bisa diganti dan mode "No Battery" yang membuat baterai awet di lingkungan panas.

Spesifikasi Samsung Galaxy XCover 7

Samsung Galaxy XCover 7GizmoChina Samsung Galaxy XCover 7
Samsung Galaxy XCover 7 merupakan suksesor dari Samsung Galaxy XCover 6 Pro yang dirilis pada Juni 2022 lalu. Samsung XCover 7 mengusung layar TFT 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 60 Hz, dan rasio aspek 20:9.

Layar ini dilindungi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus Plus sehingga panel tidak mudah rusak atau tergores. Sensitivitas sentuhan layar juga ditingkatkan untuk para pekerja yang menggunakan sarung tangan.

Dari segi desain, punggung Samsung XCover 7 dibekali satu sensor kamera wide 50 MP (f/1.8) yang diletakkan di pojok kiri atas ponsel. Di bagian bawah kamera, terdapat sebuah lampu LED flash untuk menyokong fotografi dalam kondisi minim cahaya.

Desain tersebut berbeda dari Samsung XCover 6 Pro yang memiliki dua sensor kamera 50 MP dan kamera ultra wide 8 MP. Kamera ini diposisikan sejajar secara vertikal, kemudian ada sebuah lampu LED flash yang diletakkan di sebelah kanan kamera.

Masih seputar fotografi, kamera selfie Samsung XCover 7 memiliki resolusi 5 MP (f/2.0) yang ditempatkan dalam modul menyerupai tetesan air (waterdrop).

Di sektor performa, Samsung Galaxy XCover 7 diotaki oleh System-on-Chip (SoC) 6 nm. Samsung tidak mengumbar nama chipset delapan inti (octa-core) ini, tetapi ada kemungkinan SoC yang digunakan adalah MediaTek Dimensity 6100 Plus. Chipset ini mendukung 5G.

Sebagai perbandingan, Samsung XCover 6 Pro mengandalkan prosesor bikinan Qualcomm, Snapdragon 778G (6 nm).

Ponsel tangguh terbaru Samsung ini dibekali RAM seluas 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Bila dirasa kurang, pengguna bisa menggunakan kartu microSD untuk memperluas storage hingga 1 TB.

Baca juga: Tablet Tangguh Ulefone Armor Pad 2 Meluncur, Harga mulai Rp 8 Jutaan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com