Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TWS "Open-Ear" Huawei FreeClip Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 11/01/2024, 15:50 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan earphone open-ear Huawei FreeClip di Indonesia, Kamis (11/1/2024). Ini menjadi true wireless stereo (TWS) open-ear pertama Huawei yang dirilis di Tanah Air.

Desain open-ear alias terbuka, memungkinkan pengguna tetap mendengarkan suara di lingkungan sekitarnya, meski pengguna sedang menikmati musik atau audio lainnya saat mengenakan TWS ini.

Huawei FreeClip memiliki tampilan yang berbeda dari earphone open-ear lainnya, karena mengadopsi desain mirip anting, yang dijepitkan di daun telinga secara horizontal. Dengan begitu, modul speaker tidak dimasukkan atau menyentuh lubang telinga penggunanya.

Karena desain ini, Huawei FreeClip disebut tidak akan mengganggu pemakaian kacamata. Huawei FreeClip juga dikatakan aksesibel bagi perempuan yang mengenakan hijab, karena mereka tidak perlu melepas earphone saat berbincang dengan orang lain.

Adapun desain Huawei FreeClip dibagi menjadi tiga bagian, yakni Comfort Bean alias bagian berbentuk kacang (tinggi 12,4 mm) yang ditempatkan di belakang telinga, Acoustic Ball alias unit earphone bulat (diameter 13,3 mm) berisi driver yang diposisikan dekat lubang telinga, dan penghubung keduanya yang disebut sebagai C Bridge.

Baca juga: Menjajal Huawei FreeClip, Earphone Open-Ear yang Punya Desain Unik

Bagian Comfort Bean dan Acoustic Ball dirancang ergonomis dengan bentuk lekukan yang mengikuti bentuk telinga pengguna. Earphone ini disebut nyaman digunakan karena tidak memberikan tekanan pada telinga, dan karena bobotnya yang mencapai 5,7 gram per earbuds.

FreeClip memiliki tiga bagian, yakni Comfort Bean alias bagian berbentuk kacang (tinggi 12,4 mm) yang ditempatkan di belakang telinga, Acoustic Ball alias unit earphone bulat (diameter 13,3 mm) berisi driver yang diposisikan di lubang telinga, dan penghubung keduanya yang disebut sebagai C Bridge.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhappy FreeClip memiliki tiga bagian, yakni Comfort Bean alias bagian berbentuk kacang (tinggi 12,4 mm) yang ditempatkan di belakang telinga, Acoustic Ball alias unit earphone bulat (diameter 13,3 mm) berisi driver yang diposisikan di lubang telinga, dan penghubung keduanya yang disebut sebagai C Bridge.
Selain itu, kombinasi ketiga bagian ini membuat Huawei FreeClip tidak mudah jatuh saat digunakan untuk berolahraga. Bicara soal olahraga, earphone ini juga sudah dibekali oleh sertifikasi anti air dan keringat dengan rating IP54.

Umumnya desain earphone open-ear bisa menurunkan kualitas audio dan membuat suara bocor sehingga bisa didengar orang lain. Akan tetapi, Huawei mengeklaim bahwa FreeClip memiliki dua teknologi untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertama, ada fitur driver dual-magnetic high-sensitivity 10,8 mm yang disebut mampu menghasilkan suara jernih meski berukuran kecil. Kedua, ada sistem reverse sound wave yang mengarahkan suara persis ke lubang telinga untuk meminimalisasi kemungkinan bocor.

Pengurangan kebocoran ini berkisar dari 6 desibel hingga 17 desibel dari berbagai sisi.

Selanjutnya, earphone yang bisa digunakan via koneksi Bluetooth ini dibekali fitur kecerdasan buatan (AI) bernama Windproof Sound dan Call Noise Reduction.

Windproof Sound memungkinkan pengguna mendengarkan musik tanpa terganggu suara angin saat bersepeda atau saat membuka jendela di mobil. Di sisi lain, Call Noise Reduction mengurangi kebisingan di tempat ramai saat pengguna melakukan panggilan telepon.

Duo fitur ini dimungkinkan oleh kombinasi algoritma noise cancellation Deep Neural Network (DNN) multi-channel, desain arsitektur earphone anti angin (windproof), serta dukungan hardware dan software Huawei.

Dari segi desain, Huawei FreeClip memiliki tampilan yang menarik. Sebab, earphone ini memiliki desain open-ear alias terbuka, yang memungkinkan pengguna tetap mendengar suara dari lingkungan sekitarnya.
KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhappy Dari segi desain, Huawei FreeClip memiliki tampilan yang menarik. Sebab, earphone ini memiliki desain open-ear alias terbuka, yang memungkinkan pengguna tetap mendengar suara dari lingkungan sekitarnya.
Spesifikasi Huawei FreeClip lainnya mencakup auto left-right recognition yang menyesuaikan keluaran suara kiri dan kanan secara otomatis, penggunaan gestur untuk berbagai aktivitas, dan kompatibilitas dengan smartphone yang memiliki sistem operasi berbeda.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Pro 13.2 Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Untuk daya, Huawei FreeClip memiliki baterai yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 8 jam dan menelepon hingga 5 jam. FreeClip dapat bertahan hingga 36 jam dengan tambahan daya dari charging case-nya yang berbentuk oval.

Jika menggunakan fitur pengisian cepat, baterai ini bisa bertahan 3 jam untuk pemutaran musik setelah pengisian daya selama 10 menit. Lalu, baterai bisa terisi penuh dalam kurun waktu 40 menit.

Harga Huawei FreeClip di Indonesia

Huawei FreeClip sudah bisa dibeli di Indonesia dalam varian warna Purple dan Black.

Berikut ini harga Huawei FreeClip di Indonesia, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Huawei, Kamis (11/1/2024):

  • Huawei FreeClip - Rp 2.999.000

Konsumen sudah bisa memesan Huawei FreeClip dari Kamis ini hingga 26 Januari 2024. Bagi yang melakukan pemesanan, Huawei memberi harga khusus Rp 2.699.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com