Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sennheiser Conversation Clear Plus Segera Masuk Indonesia, TWS untuk Bantu Pendengaran

Kompas.com - 21/10/2023, 07:57 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sennheiser memastikan earphone TWSConversation Clear Plus akan dipasarkan di Indonesia.

Berbeda dari biasanya, TWS ini bukan mengedepankan kualitas audio, melainkan kemampuan untuk membantu penggunanya mendengarkan percakapan.

TWS Conversation Clear Plus tersebut dipamerkan oleh Sennheiser dalam acara media gathering yang digelar di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Sennheiser Rilis Accentum, Headphone Wireless Noise-Cancelling Harga Terjangkau

Sepintas Sennheiser Conversation Clear Plus tampak seperti TWS lain pada umumnya. Hanya saja, ukuran case yang merangkap sebagai tempat charging relatif besar, hampir setelapak tangan orang dewasa.

Charging case Sennheiser Conversation Clear Plus berukuran cukup besar, hampir setelapak tangan orang dewasaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Charging case Sennheiser Conversation Clear Plus berukuran cukup besar, hampir setelapak tangan orang dewasa
Kedua unit earphone menempati sekitar setengah charging case yang di bawahnya tertulis nama "Sonova Consumer Hearing GmbH", perusahaan Jerman yang mengakuisisi bisnis consumer audio Sennheiser pada 2022 lalu.

Conversation Clear Plus pun tak lain adalah produk Sennheiser yang menanamkan teknologi hearing solution dari Sonova untuk memblokir kebisingan dari sekitar dan mengisolasi suara lawan bicara sehingga terdengar jelas, khususnya yang berada di arah depan.

Fitur Automatic Scene Detection menganalisa tingkat noise di lingkungan, kemudian menyesuaikan tingkat Active Noise Cancellation untuk meredamnya, baik untuk percakapan secara langsung maupun panggilan telepon.

Unit earphone dari Sennheiser Conversation Clear PlusKOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit earphone dari Sennheiser Conversation Clear Plus
Conversation Clear Plus dapat disambungkan ke ponsel atau perangkat lain lewat bluetooth. Pengguna kemudian bisa melakukan pengaturan via aplikasi, misalnya soal tingkat background noise yang ingin didengar.

TWS yang pertama kali diperkenalkan pada ajang CES 2023 ini diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 9 jam. Sementara, charging case memberi tambahan daya hingga 27 jam.

Baca juga: 5 Rekomendasi TWS Harga di Bawah Rp 1 Jutaan

Wira Sutedja, Direktur PT Inti Megah Swara selaku distributor produk-produk Sennheiser mengatakan bahwa Conversation Clear Plus akan mulai dijual di Indonesia sekitar bulan November mendatang. "Harganya sekitar Rp 15 juta," ujar Wira ketika ditemui KompasTekno dalam acara.

Bukan hearing aid

Sales Director Asia Sennheiser Canice Koh KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sales Director Asia Sennheiser Canice Koh
Sales Director Asia Sennheiser Canice Koh mengatakan bahwa Sennheiser Conversation Clear Plus dimaksudkan bagi mereka yang daya pendengarannya mulai menurun, seperti karena faktor usia.

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa Conversation Clear Plus sifatnya hanya sebagai alat untuk memperjelas suara dalam percakapan saja, bukan alat bantu dengar atau hearing aid, serta tidak dapat dipakai untuk menggantikan alat medis tersebut.

"Perangkat ini bisa dibeli dan digunakan tanpa harus konsultasi ke spesialis hearing aid oleh orang yang pendengarannya agak berkurang. Tapi kalau kehilangan pendengarannya sudah sampai tingkat tertentu, hearing aid tetap diperlukan," ujar Canice.

Conversation Clear Plus masih termasuk perangkat audio konsumen, tapi berada dalam kategori bernama "hearing", terpisah dari produk-produk Sennheiser lainnya yang mengutamakan kualitas audio.

Baca juga: Mikrofon Sennheiser EW-DX Resmi di Indonesia, Harga Rp 47 Jutaan

Canice mengakui bahwa segmen market yang disasar tergolong baru sehingga Sennheiser mesti menciptakan pasar sendiri. Sebelumnya, Conversation Clear Plus sudah lebih dulu dipasarkan di Singapura.

Head of Marketing Sennheiser Southeast Asia Karin Koh yang juga hadir dalam acara media gathering mengatakan Conversation Clear Plus cocok untuk orang-orang berusia 40 tahun atau lebih yang kesulitan mendengar suara lawan bicara tapi belum perlu hearing aid.

Dia mencontohkan ayahnya yang sering meminta orang lain mengulang perkataan ketika bercakap-cakap karena kurang mendengar.

Satu catatannya, lanjut Karin, adalah Conversation Clear Plus mengutamakan kejernihan speech alias suara manusia, sehingga kualitas audionya dalam memutar musik mungkin tidak sebagus produk-produk Sennheiser lain.

"Sebab, tuning-nya berbeda antara perangkat audio untuk musik dan untuk speech," ujar karin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com