Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Menarik HP Android Sharp Aquos Sense8, eSIM Salah Satunya

Kompas.com - 17/01/2024, 18:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Android Aquos Sense8 menjadi smartphone terbaru Sharp di Indonesia setelah rilis pada Selasa (16/1/2024) kemarin.

Smartphone kelas menengah ini membawa sejumlah fitur menarik, mulai dari aspek chipset, kamera hingga desainnya.

Pada aspek desain misalnya, smartphone ini dibekali sertifikasi militer sampai 15 standar. Dengan begitu, smartphone ini bisa tahan dari kejatuhan, tahan dari air dan debu, suhu tinggi dan lain sebagainya.

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur eSIM alias SIM elektronik dan diklaim sudah bisa dipakai pengguna. Berikut rincian fitur menarik Sharp Aquos Sense8 yang dibanderol Rp 6 juta.

Baca juga: Sharp Aquos Sense8 Resmi di Indonesia, HP Tahan Banting Harga Rp 6 Juta

Snapdragon 6 Gen 1 pertama di Indonesia

Aquos Sense8 ditenagai System on Chip (SoC) Snapdragon 6 Gen 1 dari Qualcomm. Chip ini rilis pada akhir tahun 2022. Snapdragon 6 Gen 1 memiliki CPU dengan clockspeed sampai 2,2 GHz dan didesain dengan fabrikasi 4 nm.

Menurut Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia, Aquos Sense8 merupakan smartphone pertama dengan chip tersebut.

"Pertama kali pakai Snapdragon 6 Gen 1 adalah Aquos Sense8. Chip ini chip kelas mid-range tapi mid-high. Jadi kemampuannya tinggi," kata Dominikus dalam peluncuran Aquos Sense8 di Jakarta.

Lebih lanjut Dominikus menjelaskan bahwa chip itu mampu memberikan performa yang tinggi untuk bermain game, mengambil foto, bekerja hingga multitasking, tetapi tetap irit daya baterai.

Layar IGZO OLED

Aquos Sense8 tampil dengan layar IGZO OLED. Menurut Sharp, IGZO adalah salah satu teknologi layar yang menawarkan refresh rate dinamis. Jadi, tingkat refresh layarnya akan mengikuti konten yang ditampilkan.

Ketika ponsel tidak dipakai, refresh rate layarnya akan dipasang dalam tingkat rendah, sehingga menjaga daya baterai tetap awet.

Sharp Aquos Sense8Kompas.com/Lely Maulida Sharp Aquos Sense8

Sharp mengeklaim ponselnya ini menawarkan refresh rate 90 Hz, tetapi bisa naik sampai 180 Hz berkat teknologi IGZO OLED. Layar Aquos Sense8 juga punya kecerahan 1.300 nits dan serta resolusi HD Plus.

Kamera 1 inci dengan OIS

Pada aspek kamera, Sharp Aquos Sense8 hadir dengan kamera belakang ganda. Resolusinya terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor berukuran nyaris 1 inci (1/1,55)serta fitur stabilisasi OIS dan kamera ultrawide 8 MP.

Baca juga: HP Sharp Aquos R8s dan R8s Pro di Indonesia: Spesifikasi serta Harganya

Sharp mengeklaim dukungan itu memungkinkan pengguna mendapat foto yang bagus dan bidang pandang yang luas.

Adapun dukungan OIS, akan membuat gambar atau video yang diambil lewat kamera ponsel menjadi lebih stabil tanpa efek guncangan. Fitur lainnya yang turut melengkapi kamera Aquos Sense8 antara lain zoom optik 2x serta IQ engine Pro Pix 5 untuk mengambil foto dalam format HDR.

Sharp Aquos Sense8Kompas.com/Lely Maulida Sharp Aquos Sense8

Sertifikasi ketahanan militer

Sharp Aquos Sense8 bisa dibilang handphone (HP) "tahan banting". Sebab, smartphone ini dilengkapi sejumlah sertifikasi ketahanan militer sampai 15 standar. Beberapa di antaranya yaitu MIL-STD-810H untuk ketahanan dari guncangan dan MIL-STD-810G untuk uji dari kejatuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com