Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sharp Aquos Sense8 Resmi di Indonesia, HP "Tahan Banting" Harga Rp 6 Juta

Kompas.com - 16/01/2024, 11:50 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA KOMPAS.com - Sharp resmi memboyong smartphone baru ke Tanah Air, yakni Aquos Sense8, hari ini (16/1/2024). Smartphone ini memulai debutnya di Jepang pada Oktober 2023 dan dikategorikan sebagai ponsel kelas menengah.

"Tahun lalu kita rilis Aquos flagship. Hari ini kita lanjutkan ke kelas menengah. Sharp akan terus meluncurkan produk baru dengan inovasi smarphone, supaya brand kami lebih diterima lagi oleh pasar," kata Andri Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia, dalam peluncuran Aquos Sense8 di Jakarta.

Secara teknis, spesifikasi Aquos Sense8 terbilang persis seperti di negara asalnya, Jepang.

Sharp Aquos Sense8 hadir dengan desain bersertifikasi militer sampai 15 standar, salah satunya MIL-STD-810G. Dengan begitu, smartphone ini diklaim tahan dari guncangan, kejatuhan, suhu tinggi dan lain sebagainya.

Nah, biasanya smartphone dengan ketahanan militer itu punya bobot yang berat serta dilapisi karet. Namun, Aquos Sense8 hadir dengan bobot ringan hanya 159 gram dan lebar 71 mm.

Kiri ke kanan: Ueno Takashi, Associate Manager of Hardware Development Division; Ardy, Head of Marketing Smartphone, PT Sharp Electronics Indonesia; Andri Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia; Shinji Teraoka, President Director, PT Sharp Electronics Indonesia; Yasuaki Fukuyama, Associate Manager of Overseas Sales Division, dalam acara peluncuran Sharp Aquos Sense8, Selasa (16/1/2024). KOMPAS.com/LELY MAULIDA Kiri ke kanan: Ueno Takashi, Associate Manager of Hardware Development Division; Ardy, Head of Marketing Smartphone, PT Sharp Electronics Indonesia; Andri Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia; Shinji Teraoka, President Director, PT Sharp Electronics Indonesia; Yasuaki Fukuyama, Associate Manager of Overseas Sales Division, dalam acara peluncuran Sharp Aquos Sense8, Selasa (16/1/2024).

Baca juga: HP Sharp Aquos R8s dan R8s Pro di Indonesia: Spesifikasi serta Harganya

Spesifikasi Sharp Aquos Sense8

Sharp Aquos Sense8 hadir dengan layar IGZO OLED 6,1 inci, resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.432 piksel) dan refresh rate 90 Hz. Layar smartphone ini juga dibekali kecerahan sampai 1.300 nits.

Selain itu, layarnya didesain memiliki poni menyerupai huruf "U" di tengah atas, guna menampung kamera depan 8 MP.

Aquos Sense8 ditenagai dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 6 Gen 1. Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 256 GB.

Beralih ke aspek kamera, Aquos Sense8 dibekali dengan dua kamera belakang. Terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.55) dengan sensor hampir 1 inci (1/1.55"), zoom optik 2x dan penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization).

Kamera keduanya yaitu ultrawide beresolusi 8 MP dengan sudut pandang 120 derajat.

Kedua kamera ditemani lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan di malam hari atau kondisi minim cahaya.

Kameranya juga dilengkapi fitur One handed UI yang memungkinkan tombol kamera dipindahkan ke mana saja di area layar, sehingga memudahkan pengambilan foto.

Baca juga: Hands-on Android Sharp Aquos R8s Pro yang Dijual Rp 16 Juta di Indonesia

Pada aspek daya, Sharp Aquos Sense8 dilengkapi baterai 5.000 mAh. Menurut Sabar Yusuf, Smartphone Product Strategy Assistant Manager Sharp Indonesia, baterai ini diklaim bisa membuat Aquos Sense8 bertahan sampai 2 hari, dengan skenario pemakaian per harinya 10 jam.

Misalnya untuk menonton video selama 4 jam, 3 jam mendengarkan musik, 2 jam berselancar di sosial media dan bermain game selama 1 jam.

Sharp Aquos Sense8 berjalan dengan sistem operasi Android 13. Ponsel ini juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terintegrasi di tombol daya sebagai sistem keamanan perangkat.

Fitur lainnya yaitu sertifikasi IP6X, jack audio 3,5 mm, USB-C untuk pengisian daya dan transfer data, dual-SIM (nano-SIM dan eSIM), jaringan 5G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1, dan NFC.

Harga Sharp Aquos Sense8 di Indonesia

Sharp Aquos Sense8 hadir dalam tiga opsi warna, yaitu Cobalt Black, Light Copper dan Pale Green.

Sharp Aquos Sense8 dibanderol dengan Rp 5.999.000 untuk satu pilihan RAM dan kapasitas penyimpanan, 8 GB/ 256 GB.

Sharp Aquos Sense8 sudah bisa dibeli konsumen di Indonesia lewat ritel rekanan Sharp di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com