Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Samsung Galaxy Ring yang Jadi Kejutan di Galaxy Unpacked 2024?

Kompas.com - Diperbarui 23/01/2024, 08:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Ponsel flagship Samsung Galaxy S24 Series dirilis dalam acara Galaxy Unpacked pada Kamis (18/1/2024) dini hari waktu Indonesia. Selain merilis lini smartphone flagship terbarunya, Samsung juga memberikan kejutan pada akhir acara.

Kejutan tersebut adalah Galaxy Ring. Samsung tiba-tiba mengumumkan bahwa mereka tengah menyiapkan perangkat pintar lainnya yang berbentuk cincin.

Kabar keberadaan Samsung Galaxy Ring ini sebenarnya sudah menyeruak melalui beberapa rumor yang beredar tahun lalu. Namun, Samsung mengonfirmasinya di acara Galaxy Unpacked kemarin.

Nah, seperti namanya, produk ini merupakan cincin pintar (smart ring) yang memiliki tampilan seperti aksesori atau perhiasan cincin pada umumnya.

Berdasarkan cuplikan video teaser yang ditampilkan di atas panggung Galaxy Unpacked 2024, warna cincin pintar ini bisa jadi berwarna hitam atau perak.

Secara desain sendiri, tampilan Galaxy Ring mirip dengan salah satu cincin pintar yang populer di pasaran, yaitu Oura Ring.

Baca juga: Samsung Kasih Kejutan di Galaxy Unpacked 2024, Ada Galaxy Ring

Samsung tak mengumbar lebih detail apa saja fitur yang ada di Galaxy Ring ini. Namun, mereka menyebut bahwa perangkat ini merupakan aplikasi pendukung Samsung Health yang hadir dalam bentuk yang berbeda.

Karena mendukung Samsung Health, maka perangkat ini diyakini bakal hadir dengan beragam fitur kesehatan dan olahraga yang biasa ditemui di perangkat wearable macam arloji pintar (smartwatch), gelang pintar (smartband), dan lain sebagainya.

Bocoran fitur Galaxy Ring

Menurut sejumlah rumor yang beredar, Galaxy Ring akan hadir dalam empat ukuran berbeda. Varian ukuran ini tentunya akan mempermudah pengguna, supaya jari mereka pas dengan lubang cincin.

Mirip dengan cincin pintar pada umumnya, Galaxy Ring kemungkinan bakal dibekali dengan beragam sensor esensial, seperti sensor pendeteksi detak jantung, pemantau oksigen di dalam darah, dan lain sebagainya.

Cincin pintar ini juga kabarnya akan hadir dengan fitur kesehatan yang lebih canggih, meliputi pemantau irama fibrilasi atrium (aFib) untuk mendeteksi gangguan dalam jantung, pemantau suhu tubuh, dan lain-lain.

Ilustrasi Galaxy Ring.Samsung Ilustrasi Galaxy Ring.

Selain itu, cincin pintar bikinan Samsung ini juga konon akan turut dibekali dengan fitur-fitur AI, perekam dan pemantau kualitas tidur, penghitung komposisi tubuh, perekam aktivitas dan olahraga, dan masih banyak lagi.

Untuk aspek konektivitas, Galaxy Ring disebut akan dibekali dengan Bluetooth, dan jika sudah terhubung dengan ponsel, cincin pintar ini kabarnya bisa mengontrol pemutaran lagu di ponsel tanpa harus membuka ponsel tersebut.

Untuk pengisian daya, Galaxy Ring konon akan mendukung pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Kapan Galaxy Ring meluncur?

Seperti disebutkan di atas, Samsung belum mengumbar tanggal peluncuran Galaxy Ring. Rumor sebelumnya menyebut bahwa perangkat itu akan diluncurkan di Galaxy Unpacked 2024 bersama dengan Galaxy S24 Series. Namun, rumor ini tak sepenuhnya tepat.

Baca juga: Momen Selfie Gen Z dengan CEO Samsung, Pose Peace dan Sumringah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com