Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Samsung Galaxy A25 5G, Harga Naik tapi Spek Lebih Baik

Kompas.com - Diperbarui 23/01/2024, 08:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung memulai 2024 dengan merilis sejumlah ponsel kelas menengah terbaru di Indonesia, salah satunya Galaxy A25 5G yang merupakan penerus dari Galaxy A24 keluaran tahun lalu.

Smartphone mid-range ini mendapat beberapa peningkatan dibanding pendahulunya. Salah satu yang paling kentara adalah tambahan dukungan jaringan 5G.

Baca juga: Samsung Galaxy A25 5G Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Meski demikian, sebagian spesifikasi tetap dipertahankan dan masih identik dengan model sebelumnya. Harganya pun ikut naik sehingga kini menyentuh kisaran Rp 4 jutaan.

Kemasan tipis, aksesori minimalis

KompasTekno menerima Samsung Galaxy A25 5G varian warna Blue Black. Boks kemasannya tipis layaknya ponsel-ponsel lain dari Samsung belakangan ini karena tak lagi memuat pengisi daya baterai alias charger.

Samsung masih menyediakan kabel jenis USB C ke USB C berikut SIM card ejector tool, serta dua booklet panduan singkat dan garansi, tapi selain itu tidak ada aksesori pelengkap lain di luar unit ponsel.

Berbeda dari Galaxy A15 5G, di situs Samsung tidak terdapat keterangan bonus travel adapter 25 watt dan perlindungan layar retak selama 6 bulan untuk pembelian Galaxy A25 5G.

Kelengkapan di dalam kemasan Samsung Galaxy A25 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kelengkapan di dalam kemasan Samsung Galaxy A25 5G

Namun, sebagai gantinya, Samsung, menyediakan bonus berupa diskon Rp 200.000 untuk produk tertentu yang pembeliannya dilakukan bersamaan (purchase with purchase, PWP) dan layanan Samsung Care Plus selama 6 bulan.

Bonus di atas berlaku untuk pembelian ponsel Galaxy A25 5G mulai 5 Januari hingga 26 Januari 2024.

Tampilan mirip, tapi ada bedanya

Dari segi penampilan, Galaxy A25 5G bisa dibilang masih mirip dengan Galaxy A24 sebelumnya sehingga sepintas sulit dibedakan.

Baca juga: Samsung Galaxy A25 5G: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Sisi punggung tetap memuat tiga kamera belakang yang disusun segaris secara vertikal. Poni kecil yang memuat kamera depan bisa ditemukan di tempatnya biasa di atas layar.

Bingkai alias bezel yang relatif tebal di sekeliling layar, terutama di bagian "dagu" alias sisi bawah, pun ikut dipertahankan.

Samsung Galaxy A25 5G menggunakan layar Super AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 120 HzKOMPAS.com/ OIK YUSUF Samsung Galaxy A25 5G menggunakan layar Super AMOLED 6,5 inci dengan refresh rate 120 Hz

Layar Galaxy A25 5G sendiri mirip dengan sebelumnya, dengan panel Super AMOLED 6,5 inci (2.340 x 1.080 piksel, brightness maksimal 1.000 nits), tapi refresh rate kini meningkat dari sebelumnya 90 Hz menjadi 120 Hz.

Satu perbedaannya yang paling kentara di frame pinggiran perangkat. Sisi ini rata alias flat, tapi bagian yang memuat tombol volume dan daya lebih menonjol dan membulat.

Tombol pengatur volume dan daya (foto kiri) Samsung Galaxy A25 5G diletakkan di area yang bentuknya berbeda dari bagian frame selebihnya. Lebih menonjol dan membulat. Samsung masih menyediakan konektor jack audio 3,5 mm di sisi bawah.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tombol pengatur volume dan daya (foto kiri) Samsung Galaxy A25 5G diletakkan di area yang bentuknya berbeda dari bagian frame selebihnya. Lebih menonjol dan membulat. Samsung masih menyediakan konektor jack audio 3,5 mm di sisi bawah.

Posisi yang lebih tinggi itu membuat kedua tombol jadi lebih mudah dijangkau hanya dengan cara diraba, terutama untuk tombol daya yang sekaligus merangkap sebagai pemindai sidik jari.

Baca juga: Baterai Samsung S24 Ultra Kalahkan iPhone 15 Pro Max, Ini Buktinya

Galaxy A25 5G varian warna Blue Black yang mendarat di meja redaksi KompasTekno memiliki punggung berhias pola kotak-kotak kecil dengan aksen pola pantulan cahaya yang terlihat menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com