Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Pamer "Stik" Replay Wireless Controller, Mirip Xbox tapi Tombol Lebih Banyak

Kompas.com - 13/01/2024, 19:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Samsung mulai menunjukkan keseriusan mereka menggarap pasar gaming. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini lebih dikenal sebagai produsen smartphone, televisi, dll.

Kini di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), Samsung memamerkan produk baru yang mengincar segmen gaming.

Perangkat tersebut adalah Replay Wireless Controller, sebuah alat pengendali (controller) yang biasa dipakai pengguna untuk bermain game di konsol atau PC.

Aksesori pengendali game ini sebenarnya bukan buatan Samsung, melainkan perusahaan pembuat aksesori game kenamaan PDP. Namun, controller ini sudah mendapatkan lisensi dari Samsung, sehingga bisa dibilang cocok dipakai di beragam perangkat Samsung.

Bagian belakang Samsung Replay Wireless Controller.PDP.com Bagian belakang Samsung Replay Wireless Controller.
Secara desain, controller ini mirip dengan Xbox Controller. Artinya, desain dan penempatan tombol aksi, analog, tombol arah, trigger, dan tombol lainyya di controller Samsung ini kurang lebih sama persis dengan controller buatan Microsoft.

Baca juga: Netflix Rilis Aplikasi Baru, Bisa Ubah iPhone dan iPad Jadi Controller Game

Meski demikian, ada sejumlah perbedaan yang menyertai aksesori gaming tersebut. Pada segi tampilan, misalnya, controller ini dibalut dengan warna biru gelap yang elegan. Biasanya, controller Xbox memiliki warna standar hitam.

Replay Wireless Controller juga turut dibekali dengan berbagai tombol fungsi tambahan, mulai dari tombol volume, tombol TV, serta dua buah tombol ekstra yang bisa difungsikan untuk beragam hal sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk konektivitas, pengguna bisa mengandalkan konektivitas wireless berupa Bluetooth untuk menyambungkan controller Samsung ini dengan berbagai perangkat yang mendukung.

Ilustrasi Samsung Replay Wireless Controller.PDP.com Ilustrasi Samsung Replay Wireless Controller.
Tidak disebutkan apakah controller ini bisa disambungkan ke perangkat Samsung Galaxy, seperti smartphone atau tablet, atau tidak.

Baca juga: Sony DualSense Edge Wireless Controller untuk PS5 Meluncur, Ini Harganya di Indonesia

Yang jelas, Samsung menyebut controller ini mendukung semua perangkat Samsung yang terpasang dengan platform Samsung Gaming Hub.

Beberapa di antaranya seperti Smart TV, proyektor The FreeStyle, monitor bermerek Samsung, dan lain sebagainya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Sabtu  (12/1/2024).

Untuk ketersediaan, Replay Wireless Controller sudah bisa dibeli secara global di situs resmi PDP.com dengan harga 50 dollar AS (sekitar Rp 778.000).

Belum ada informasi apakah Samsung Replay Wireless Controller ini akan dibawa ke Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com