Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Benchmark Samsung S24 Ultra dengan Snapdragon 8 Gen 3 "Spesial"

Kompas.com - 23/01/2024, 19:20 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

SAN JOSE, KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung memasarkan ponsel flagship Galaxy S24 Ultra dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy di seluruh wilayah pemasaran, termasuk di Indonesia.

Chipset spesial bikinan Qualcomm untuk seri flagship terbaru Samsung ini hadir dengan peningkatan performa prosesor (CPU) sebesar 20 persen dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy (di S23 series).

Qualcomm atau Samsung tak merinci angka clock speed chipset spesial ini. Namun, menurut GSMArena, Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy ini hadir dengan prosesesor (CPU) Cortex-X4 dengan clock speed hingga 3,39 GHz.

Sementara keterangan informasi CPU di aplikasi benchmark GeekBench mencatat, CPU Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy ini memiliki clock speed hingga 3,40 GHz.

Bila akurat, angka itu sekitar 90-100 MHz lebih tinggi dari Snapdragon 8 Gen 3 biasa yang sudah lebih dulu disematkan di smartphone flagship merek lain.

Baca juga: Alasan Samsung S24 dan S24 Plus Pakai Chip Exynos 2400, Bukan Snapdragon 8 Gen 3

Jadi, di atas kertas, bisa dibilang Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy pada Samsung S24 series ini adalah chipset Qualcomm paling kuat untuk saat ini. Adapun clock speed Snapdragon 8 Gen 3 versi asli tercatat di angka 3,3 GHz.

Di samping itu, performa GPU (pengolah grafis) dan NPU (pengolah AI) chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy ini juga dilaporkan naik masing-masing 26 persen dan 42 persen.

Lantas, seberapa tangguh kinerja ponsel flagship Samsung tersebut, terutama untuk model teratas Galaxy S24 Ultra?

Saat ini, KompasTekno berkesempatan menjajal langsung Samsung Galaxy S24 Ultra (RAM 12 GB/ storage 256 GB) yang baru debut pada 17 Januari lalu. Ponsel ini belum beredar di pasar karena masih dalam fase pre-order.

Namun, unit ponsel yang kami jajal ini adalah versi retail yang akan dijual Samsung, termasuk di pasar Indonesia.

Untuk membuktikan kebolehan chipset Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy tersebut, begitu juga performa Galaxy S24 Ultra yang ditenagainya, kami melakukan mengujian benchmark secara mandiri.

Pengujian sendiri mengandalkan sejumlah aplikasi benchmark smartphone populer, seperti Antutu 10, Geekbench 6, 3DMark, hingga PCMark.

Skor AnTuTu Samsung S24 Ultra

Samsung Galaxy S24 Ultra mendapat skor benchmark Antutu 10 keseluruhan mencapai 1.646.521 poin. Adapun nilai benchmark tertinggi disumbang oleh kemampuan pengolah grafis (GPU) yang memiliki skor 692.898 poin.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Samsung Galaxy S24 Ultra mendapat skor benchmark Antutu 10 keseluruhan mencapai 1.646.521 poin. Adapun nilai benchmark tertinggi disumbang oleh kemampuan pengolah grafis (GPU) yang memiliki skor 692.898 poin.
Dalam pengujian AnTuTu 10, Samsung Galaxy S24 Ultra yang kami pegang mampu menghasilkan skor benchmark keseluruhan mencapai 1.646.521 poin. Adapun nilai benchmark tertinggi disumbang oleh kemampuan pengolah grafis (GPU) yang memiliki skor 692.898 poin.

Kemudian untuk pengujian Geekbench 6, ponsel ini berhasil mendapatkan skor 1.588 poin untuk pengujian CPU single core, serta 5.477 poin untuk pengujian multi core.

Skor benchmark 3DMark dan PCMark Samsung S24 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Skor benchmark 3DMark dan PCMark Samsung S24 Ultra.
Di pengujian 3DMark dengan mode "Wild Life", Samsung Galaxy S24 Ultra sendiri menghasilkan skor "Maxed out" (maksimal) tanpa ada skor angka yang ditampilkan. Adapun frame rate ponsel ini juga dikategorikan sebagai "Maxed out" (maksimal).

Baca juga: Bocoran Skor AnTuTu Snapdragon 8 Gen 3, Tembus Angka 2 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com