Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pakai AI Microsoft Copilot di Komputer? Ini Syaratnya

Kompas.com - 22/01/2024, 10:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Microsoft dilaporkan telah menetapkan RAM 16 GB sebagai persyaratan sistem minimum untuk PC AI. PC AI adalah komputer (PC) yang memiliki dengan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) terintegrasi.

Fitur AI yang diperkenalkan lewat diperkenalkan lewat sistem operasi (OS) Windows 11 23H2 ini bermacam-macam, contohnya chatbot AI Microsoft Copilot yang bisa menjawab pertanyaan sehari-hari dari pengguna, menyusun draf e-mail, membuat gambar, dan masih banyak lagi.

Adapun RAM 16 GB dibutuhkan karena akselerasi kecerdasan buatan merupakan operasi yang sangat sensitif terhadap memori, dan model bahasa besar (large language model/LLM) memang memerlukan memori berkapasitas besar.

Baca juga: Asisten AI Copilot Resmi Hadir di Windows 11

Menurut firma riset pasar TrendForce, syarat kapasitas memori untuk AI tersebut diproyeksikan bakal membuat RAM 16 GB ke atas makin populer pada 2024. Sementara itu, PC dan laptop dengan RAM 8 GB bakal makin jarang ditawarkan.

Terlepas dari itu, sebenarnya RAM 8 GB bisa dibilang kurang cukup untuk kebutuhan masa kini, misalnya main game. Sebab, kebanyakan game modern membutuhkan minimal RAM 16 GB.

Selain itu, RAM 8 GB cepat penuh apabila pengguna membuka beberapa browser web sekaligus, dan juga membuka sejumlah aplikasi latar belakang. Jadi tanpa AI pun, kapasitas RAM komputer sekarang idealnya memang 16 GB atau lebih.

Daya komputasi 40 TOPS

Di samping RAM, TrendForce mengatakan bahwa PC AI bakal memenuhi tolok ukur (benchmark) Microsoft, yaitu 40 TOPS (trilion operations per second) dalam hal daya komputasi.

Sebagai perbandingan, kinerja komputasi prosesor terbaru AMD Ryzen 8040 dan Intel Meteor Lake belum mencapai 40 TOPS. Secara rinci, AMD Ryzen 8040 memiliki daya komputasi 39 TOPS, sedangkan Intel Meteor Lake mentok di 34 TOPS.

Saat ini, hanya perangkat dengan chip ARM Qualcomm Snapdragon X Elite saja yang memenuhi persyaratan 40 TOPS tersebut, tepatnya dengan kinerja pengolahan AI mencapai 45 TOPS.

Sejumlah vendor yang bakal menggunakan chip ini mencakup Acer, Asus, Dell, HP, Honor, Lenovo, Microsoft, dan Samsung, sebagaimana dikutip KompasTekno dari PC Gamer, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Microsoft Rilis Langganan AI Copilot Pro, Harga seperti ChatGPT Plus

Chip lainnya yang bakal memenuhi persyaratan 40 TOPS adalah AMD Ryzen 8050 "Strix Point" dan Intel Core Ultra 200 "Lunar Lake". Nah, ketiga chip yang sudah disinggung sebelumnya sama-sama mengadopsi RAM jenis LPDDR5X, bukan DDR SO-DIMM seperti biasa di laptop.

Keputusan ini diambil mengingat dibutuhkannya transmisi data yang lebih cepat. Adapun kecepatan DDR5 berada di sekitar 4.800 hingga 5.600 MT/s (million transfer per second), sedangkan LPDDR5X mencapai 7.500 hingga 8.533 MT/s.

Baik AMD Ryzen 8050, Intel Core Ultra 200, maupun Snapdragon X Elite diperkirakan bakal meluncur pada paruh kedua 2024 (sekitar Juli hingga Desember 2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com