Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda HP Vivo V30 Pro Siap Dijual di Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 26/01/2024, 06:28 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen smartphone asal China, Vivo, tampak tengah bersiap merilis produk terbaru mereka di Indonesia. Smartphone terbaru ini berasal dari keluarga Vivo V Series.

Hal ini diketahui dari munculnya ponsel misterius Vivo yang sudah lolos uji di halaman Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ponsel tersebut memiliki nomor model "V2319" dan diyakini sebagai Vivo V30 Pro, suksesor dari Vivo V29 Pro yang meluncur sekitar pertengahan tahun lalu.

Dalam laman TKDN Kemenperin, ponsel ini merupakan perangkat 5G yang sudah mendapatkan nilai TKDN mencapai 35,88 persen.

Selain sudah mendapatkan sertifikat TKDN Kemenperin, ponsel dengan nomor model yang sama juga baru saja mendapatkan sertifikat Pos dan Telekomunikasi (Postel) dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo).

Dalam laman SDPPI, ponsel tersebut memiliki "Nama Pemasaran" yang sama seperti informasi yang sudah tersebar di internet, yaitu Vivo V30 Pro. Artinya, ponsel ini memang benar merupakan Vivo V30 Pro.

Baca juga: IDC: Pasar Smartphone Global Masih Lesu pada 2023

Sertifikat TKDN dan Postel untuk Vivo V30 Pro bisa disimak dalam gambar di bawah ini, di mana gambar bagian atas untuk TKDN dan bawah untuk Postel.

Ponsel misterius Vivo V2319 yang merupakan Vivo V30 Pro.Ist Ponsel misterius Vivo V2319 yang merupakan Vivo V30 Pro.

Sekadar informasi, sertifikat TKDN dan Postel merupakan dua syarat yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat smartphone apabila ingin dijual di Indonesia. Artinya, Vivo V30 Pro kemungkinan besar akan dipasarkan di Tanah AIr dalam waktu dekat.

Belum diketahui kapan ponsel ini akan meluncur di Indonesia. Sebab, Vivo Indonesia belum mengumbar informasi apapun terkait kehadiran Vivo V30 Pro. Meski demikian, bocoran spesifikasi terkait perangkat teranyar Vivo ini sudah menyeruak di dunia maya.

Bocoran spesifikasi dan harga Vivo V30 Pro

Berdasarkan kabar yang beredar, Vivo V30 Pro disebut akan mengusung layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi 1.260 x 2.800 piksel. Layar ini konon memiliki refresh rate 120 Hz, dan dilengkapi dengan lubang punch hole di bagian atasnya yang memuat kamera selfie 50 MP.

Menyoal kamera, Vivo V30 Pro kabarnya akan dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50 MP, 12 MP (telefoto), dan 8 MP (ultrawide).

Beberapa fitur kamera yang ada di ponsel ini kabarnya meliputi penstabil gambar optis (OIS), pembesaran gambar optis (optical zoom) hingga 2x, perekaman video 4K, dan masih banyak lagi.

Untuk sektor performa, Vivo V30 Pro disebut akan ditenagai dengan chipset Mediatek 8200, yang dipadukan dengan RAM 8 GB atau 12 GB, serta media penyimpanan (storage) dengan kapasitas 256 GB.

Baca juga: Android Vivo G2 Rilis, Jadi HP Seri G Pertama Vivo

Fitur pendukung lainnya mencakup baterai 4.600 mAh yang mendukung pengisian cepat 80 watt, pemindai sidik jari di dalam layar, sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka FuntouchOS 13, dan masih banyak lagi.

Di pasar global, Vivo V30 konon dibanderol dengan harga 480 dollar AS atau sekitar Rp 7,5 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SpecsArena, Rabu (24/1/2024).

Belum bisa dipastikan apakah informasi spesifikasi dan harga Vivo V30 Pro ini akurat atau tidak. Kita nantikan saja kepastiannya dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com