Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Tahun Macintosh, Komputer yang Memopulerkan Mouse

Kompas.com - Diperbarui 26/01/2024, 08:23 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Tanggal 24 Januari 2024 menandakan 40 tahun sejak pendiri Apple, Steve Jobs mengumumkan kehadiran komputer Macintosh pada 24 Januari 1984.

Macintosh menjadi komputer pertama dengan tampilan antarmuka grafis (Graphical User Interface/GUI) yang berhasil dipasarkan secara massal. Komputer ini juga mempopulerkan aksesori mouse komputer.

Adapun GUI merupakan antarmuka digital yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komponen grafis, seperti ikon, tombol, dan menu di komputer. Interaksi ini dilakukan dengan menggunakan mouse komputer, yang bisa mengontrol kursor dalam layar komputer.

Metode mengarahkan kursor dan mengelik (point and click) dengan mouse ini merupakan konsep baru pada masanya. Sebab, komputer pribadi (PC) pada masa itu umumnya memiliki antarmuka baris perintah berbasis teks, yang dikontrol dengan keyboard.

Menurut siaran pers Apple pada tahun 1984, kehadiran mouse ini bisa membuat penggunaan komputer lebih mudah. Pengguna tidak usah repot-repot mengingat perintah keyboard saat memakai komputer itu.

"Pengguna tinggal menginstruksikan Macintosh untuk melakukan apa yang diinginkan dengan menggerakkan mouse, yakni perangkat kecil yang digunakan untuk memilih fungsi di menu. Fungsi ini direpresentasikan oleh simbol bergambar di layar," bunyi siaran pers itu.

Baca juga: Hari Ini 39 Tahun Lalu, Apple Rilis PC Macintosh Cikal Bakal iMac

"Pengguna tidak lagi dipaksa untuk mengingat berbagai perintah keyboard yang memusingkan. Hasilnya, pengguna dapat menikmati kemudahan pemakaian dan pengurangan waktu belajar (cara menggunakan Macintosh) yang signifikan," lanjutnya.

Perangkat yang disebut menawarkan peningkatan utilitas dan kreativitas ini, diklaim hanya membutuhkan waktu beberapa jam untuk dipelajari.

Ini berbeda dari hasil riset pasar Apple waktu itu yang menunjukkan bahwa pengguna membutuhkan waktu 20 hingga 40 jam untuk menguasai penggunaan komputer konvensional, ditambah 3 hingga 10 jam untuk masing-masing program aplikasi komputer.

Apple juga membicarakan sejumlah fitur yang kini merupakan fitur dasar komputer, seperti desktop dengan ikon, kemampuan untuk menggunakan banyak program sekaligus lewat fitur jendela (windows), menu drop-down, serta fitur salin dan tempel (copy and paste).

Spesifikasi dan harga Macintosh

Ilustrasi komputer Macintosh.ThoughtCo Ilustrasi komputer Macintosh.
Komputer Macintosh pada masanya dijual seharga 2.495 dollar AS atau sekitar Rp 39,4 juta jika melihat kurs Rupiah sekarang (kurs Rp 15.805).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors (25/1/2024), harga tersebut setara dengan lebih dari 7.000 dollar AS (sekitar Rp 110,6 juta) pada saat ini.

Paket penjualan sudah termasuk komputer Macintosh, keyboard, dan mouse.

Terdapat juga boks aksesori yang mencakup disk sistem"A Guided Tour of Macintosh", disk cara penggunaan Macintosh, pita kaset, kaset kosong, kabel listrik, buku panduan, serta tombol Programmer's key.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com