Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Sudah Dipotong, CEO Apple Masih Raup Penghasilan Rp 983 Miliar

Kompas.com - Diperbarui 16/01/2024, 06:13 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Apple Tim Cook menerima penghasilan sebesar 63,2 juta dollar AS atau sekitar Rp 983 miliar sepanjang 2023. Informasi itu terungkap dalam laporan tahunan Apple kepada Komisi Sekuritas dan perdagangan AS (Securities and Exchange Commission/SEC).

Di luar gaji dan bonus, ada beberapa biaya tambahan lainnya, seperti saham pribadi yang diberikan Apple (vested stock) serta biaya insentif lainnya, tabungan pensiun yang disponsori Apple, asuransi jiwa berjangka, biaya perjalanan pribadi, biaya kemanan, dan lain-lain

Jika dirinci, total gaji pokok Cook dalam setahun adalah sebesar 3 juta dollar AS (sekitar Rp 46,7 miliar). Lalu, disertai vested stock sebesar 3,2 juta lembar saham yang nilainya 47 juta dollar AS (sekitar Rp 731 miliar).

Baca juga: CEO Apple Tim Cook Bertambah Kaya Rp 650 Miliar

Sementara itu, biaya yang didapatkan sebesar 10,7 juta dollar AS (sekitar Rp 166,4 miliar), dan kompensasi lain senilai 2,5 dollar AS (sekitar Rp 39 miliar), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Senin (15/1/2024).

Penhasilan Cook pada 2023 sebenarnya menurun sekitar 36 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada 2022, orang nomor satu di Apple itu mengantongi penghasilan 99,4 juta dollar AS (sekitar Rp 1,5 triliun). Sebabnya antara lain pengurangan kompensasi untuk Cook.

Pada 2023, sejumlah raksasa teknologi seperti Microsoft, Google, Amazon, Meta (induk Facebook, WhatsApp, Instagram) kerap melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ribuan karyawannya.

Kemunculan pandemi Covid-19 di 2020 mendorong perekrutan yang cukup agresif di kalangan perusahaan teknologi. Namun, situasi ekonomi yang tidak menentu membuat perusahaan merugi dan mengambil langkah pemangkasan sebagai solusi.

Alih-alih melakukan pemangkasan, Apple mengambil langkah yang lebih konservatif.

Pada Januari 2023, CEO Apple Tim Cook mengajukan usul untuk memotong gajinya sendiri hingga 50 juta dollar AS (sekitar Rp 756,8 mliar). Angka tersebut mencerminkan lebih dari 40 persen total kompensasi yang diterima Cook di 2022.

Baca juga: Gaji Bos Apple Rp 1,5 Triliun, Minta Dipotong Rp 700 Miliar

Penghasilan Cook pun terpangkas. Dalam dokumen SEC tahun lalu, Apple mengaku total kompensasi yang diterima bosnya itu akan disesuaikan dengan mempertimbangkan umpan balik dari pemegang saham berikut ukuran, ruang lingkup, dan kinerja komparatif Apple.

Menurut Mac Rumors, pada 2024, equity reward alias kompensasi penghargaan saham Cook diproyeksikan bakal mencapai 50 juta dollar AS (sekitar Rp 777,3 miliar), yang mana 75 persen di antaranya didasarkan pada kinerja tahunan Apple.

Eksekutif Apple lainnya,seperti CFO Luca Maestri, COO Jeff Williams , General Counsel Kate Adams dan VP Ritel Deirdre O’Brien  nantinya akan memperoleh equity reward sebesar 27 juta dollar AS (sekitar Rp 420 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com