Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivo Jamin Umur Baterai Android Y100 5G sampai 4 Tahun, Jika Rusak Diganti Gratis

Kompas.com - 25/01/2024, 16:45 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone Vivo Y100 5G resmi dirilis di Indonesia, Kamis (25/1/2024). Smartphone ini membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dibanding Y-series yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu peningkatannya yaitu pada aspek baterai dan pengisian daya. Vivo Y100 5G dibekali dukungan fast charging 80 watt. Angka ini lebih tinggi dibanding dibanding Y-series lainnya.

Vivo Y36 5G yang rilis di Indonesia pada Mei lalu misalnya, dibekali dukungan fast charging 44 watt saja. Artinya, Vivo Y100 5G memiliki dukungan fast charging yang dua kali lipat lebih tinggi dibanding "saudaranya".

Tak hanya itu, salah satu nilai jual yang diberikan Vivo untuk Y100 5G ini adalah jaminan proteksi kesehatan baterai Vivo Y100 5G sampai empat tahun sejak pertama kali smartphone dipakai.

"Vivo akan menghadirkan empat tahun proteksi baterai dan menjamin battery health smartphone tidak akan turun di bawah 80 persen, walaupun sudah dipakai selama empat tahun," kata Gilang Pamenan, Product Manager Vivo Y Series dalam peluncuran Vivo Y100 5G di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Smartphone Vivo Y100 5G Resmi di Indonesia, Harga mulai Rp 3 Jutaan

Untuk mengecek kesehatan baterainya, pengguna bisa membuka menu Pengaturan (Settings) > Baterai > Kesehatan baterai dan pengisian daya. Dari sini, pengguna Vivo Y100 5G akan menemukan persentase kesehatan baterai ponsel.

Gilang Pamenan, Product Manager Vivo Y SeriesKompas.com/Lely Maulida Gilang Pamenan, Product Manager Vivo Y Series
Bila pengguna menemukan kesehatan baterai Vivo Y100 5G kurang dari 80 persen, di bawah masa penggunaan empat tahun sejak pembelian, maka pengguna bisa mendapatkan penggantian baterai baru secara cuma-cuma.

Gilang mengatakan, pengguna bisa mengajukan penggantian baterai di service center Vivo yang tersebar di Indonesia.

Tak hanya itu, baterai Vivo Y100 5G juga dilengkapi fitur Smart Charging Engine 2.0 yang akan memproteksi baterai perangkat ketika pengguna mengisi ulang baterai dalam waktu lama, misalnya sembari ditinggal tidur.

Menurut Gilang, fitur ini mampu mempelajari pola tidur pengguna. Nah, saat jam tidur, fitur ini akan menyesuaikan arus yang akan mengisi ulang daya baterai.

"Saat pengguna tidur, otomatis fitur ini akan menyesuaikan arus pengisian ulang," ujar Gilang.

Spesifikasi Vivo Y100 5G di Indonesia

Vivo Y100 5G hadir dengan layar AMOLED 6,67 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate sampai 120 Hz, serta kecerahan maksimum 1200 nits.

Layarnya memiliki lubang alias punch hole yang menampung kamera depan ponsel.

Punggung smartphone ini dibalut kulit sintetis serta lapisan anti-stain coating. Material ini diklaim membuat ponsel tahan dari noda debu, cairan, maupun bekas jari.

Beralih ke aspek dapur pacu, Vivo Y100 5G ditenagai dengan System on Chip (SoC) Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm). Chip ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan storage 128 GB atau 256 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com