Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Misterius Vivo Muncul di Geekbench, Pakai Snapdragon 4 Gen 2

Kompas.com - 31/12/2023, 19:07 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Vivo disinyalir tengah menyiapkan ponsel menengah terbarunya. Indikasinya tampak di situs benchmark Geekbench pada 26 Desember 2023. Di situs tersebut muncul nama ponsel Vivo dengan nomor model "V2327".

Menurut laman tersebut, smartphone misterius Vivo ini akan ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 (4 nm).

SoC kelas menengah ini memiliki delapan inti (octa-core) dengan clockspeed maksimum 2,2 Ghz. Dua core difokuskan untuk performa, sedangkan enam core lainnya untuk efisiensi.

Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Adreno. Akan tetapi, Qualcomm tidak merincikan apa model GPU Adreno yang digunakan. Smartphone ini mendukung konektivitas 5G.

HP Vivo dengan nomor model V2327 muncul di situs benchmark GeekbenchGizmoChina HP Vivo dengan nomor model V2327 muncul di situs benchmark Geekbench
Prosesor tersebut didampingi RAM 8 GB. Ponsel ini akan menjalankan sistem operasi (OS) Android 14. Dengan spesifikasi seperti ini, ponsel Vivo dengan nomor model "V2327" itu mendapat 902 poin dalam pengujian single core dan 2.168 poin dalam pengujian multi core di Geekbench versi 6.0.0.

Baca juga: HP Vivo V30 Lite 5G Meluncur, Kamera Selfie 50 MP Harga Rp 8 Jutaan

Adapun pengujian single core mengukur kekuatan pemrosesan satu inti CPU saja.

Sementara itu, pengujian multi core mengukur seberapa baik kekuatan pemrosesan saat menjalankan sejumlah aplikasi secara paralel. Makin tinggi skornya, makin baik pula performa CPU.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Minggu (31/12/2023), smartphone misterius Vivo ini kemungkinan menyasar segmen menengah (mid-range). Walaupun nama resminya belum jelas, ponsel ini boleh jadi merupakan varian dari Vivo Y series.

Vivo Y series mencakup berbagai ponsel mid-range bikinan Vivo. Belum lama ini, Vivo telah merilis smartphone Y100, Y100i, dan Y100i Power di Y series.

Model paling baru adalah Vivo Y100i Power keluaran Desember 2023, yang ditenagai chipset Snapdragon 6 Gen 1, RAM 12 GB, media penyimpanan (storage) 512 GB, baterai jumbo 6.000 mAh, dan layar 6,64 inci.

Di luar dari sejumlah spesifikasi Vivo V2327 yang disebutkan, belum diketahui detail lainnya seputar ponsel itu. Mengingat ponsel ini sudah muncul di Geekbench, ada kemungkinan Vivo V2327 akan diumumkan secara resmi dalam beberapa minggu mendatang.

Akan meluncur di Indonesia?

HP Vivo dengan nomor model V2327 mendapat sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 35,88 persen. Dengan demikian, kemungkinan besar Vivo V2327 akan dirilis di pasar Indonesia.KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy HP Vivo dengan nomor model V2327 mendapat sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 35,88 persen. Dengan demikian, kemungkinan besar Vivo V2327 akan dirilis di pasar Indonesia.
HP Vivo dengan nomor model V2327 juga konon akan menyambangi pasar Indonesia.

Indikasinya, ponsel Vivo dengan nomor model yang sama, mendapat sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 35,88 persen.

Baca juga: iQoo Neo 9 Pro Resmi, Spesifikasi Mirip Vivo X100

Sertifikat itu berada dalam kategori jenis produk "Telepon Seluler" dan diperoleh oleh perusahaan PT Vivo Mobile Indonesia. Menurut halaman tersebut, Vivo V2327 mendukung konektivitas 5G.

Karena sudah mengantongi sertifikasi TKDN, ponsel Vivo V2327 kemungkinan besar bakal masuk Indonesia. Sebab, TKDN menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki oleh setiap ponsel yang akan dijual di Tanah Air.

Namun, sejauh ini Vivo Indonesia belum mengumumkan kehadiran ponsel dengan nomor model V2327 secara resmi. Mari kita tunggu informasi resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com