Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle Hari Ini, Mak Nyak di Sinetron "Si Doel Anak Sekolahan"

Kompas.com - 29/01/2024, 06:26 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada yang berbeda ketika mengakses halaman web Google.com atau Google.co.id hari ini, Senin (29/1/2024).

Tulisan warna-warni Google berubah. Kini tampilan Google berubah menjadi huruf bersambung berwarna hijau dengan latar belakang motif batik kuning lengkap dengan hiasan bunga.

Di tengahnya terdapat gambar seorang perempuan berbalut kerudung yang ada di dalam televisi "analog" jadul. Perempuan itu adalah Aminah Cendrakasih. Ia adalah aktis kawakan Indonesia yang yang lebih dikenal sebagai pemeran Mak Nyak dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" tahun 1990-an.

Google Doodle hari ini dibuat untuk merayakan Hari Ulang Tahun ke-86 Aminah Cendrakasih. Berikut profil Aminah Cendrakasih.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Rayakan Malam Tahun Baru Pakai Lampu Disko dan Konfeti

Biodata Aminah pemeran ‘Mak Nyak’

Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'KOMPAS.com/Firda Janati Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan'
Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Diberitakan Harian Kompas, Mak Nyak mulai main film sejak 1956. Saat itu ia berusia 18 tahun.

Awal kariernya di dunia film, Aminah berperan sebagai gadis manja dan judes. Peran itu dinilai cocok karena pembawaan dan raut wajahnya. Namun sebenarnya, Aminah sempat mengaku jika peran judes tersebut bertentangan dengan pembawaannya sehari-hari.

Di kehidupan nyata, Mak Nyak mengakui bahwa dirinya bukan sosok yang galak. Mak Nyak senang humor dan ramah.

Aminah Cendrakasih merupakan anak dari pasangan Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah. Sang ayah merupakan aktor sandiwara (komedian) pada zaman penjajahan Belanda.

Aminah menikah dengan pria asli Betawi bernama Idris di tahun 1959. Dari pernikahannya tersebut, Aminah dan Idris dikaruniai 7 orang anak, yakni 4 putra dan 3 putri.

Sang suami diketahui telah meninggal dunia pada tahun 1986. Sejak saat itu, Aminah pun tak mau menikah lagi.

Aminah mengatakan bahwa anak-anaknya tersebut juga memiliki bakat dalam seni peran. Namun, ia tak mengharuskan anak-anaknya mengikuti jejaknya untuk bermain film.

Baca juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Pinisi, Kapal Indonesia yang Jadi Warisan Budaya Dunia

Karier Aminah Cendrakasih

Melansir dari Grid.id, dalam karier di dunia akting, Aminah Cendrakasih sudah memulainya sejak masih berusia belasan tahun. Ia sudah banyak terlibat di puluhan judul film Indonesia sejak tahun 1956.

Popularitasnya meroket saat memerankan penari di "Serampang 12"(1956) bersama Nun Zairina.

Selama 50 tahun berkarier, Aminah Cendrakasih tercatat telah membintangi lebih dari 100 film. Beberapa film yang pernah dibintangi Aminah Cendrakasih adalah "Benyamin Raja Lenong" pada tahun 1975, "Gadis Telepon" pada tahun 1983 dan "Masih Adakah Cinta" pada tahun 1980.

Selain bermain film, Aminah Cendrakasih juga mulai bekecimpung di dunia sinetron sejak tahun 1992. Debut sinetron pertama Aminah Cendrakasih adalah Rumah Masa Depan yang tayang di TVRI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com