Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Perusahaan Paling Dikagumi Sedunia, Apple 17 Kali

Kompas.com - 03/02/2024, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Fortune

KOMPAS.com - Media bisnis internasional Fortune resmi merilis daftar perusahaan yang paling dikagumi di dunia, alias "World's Most Admired Companies All-Stars" pekan ini.

Dalam daftar tahunan edisi ke-26 tersebut (dibuat sejak 1997), Apple kembali menjadi perusahaan yang paling dikagumi di dunia. Ini merupakan ke-17 kalinya Apple mendapatkan predikat dari Fortune tersebut.

Menurut Fortune, daftar ini dibuat berdasarkan skor yang diberikan oleh sekitar 3.700 pejabat eksekutif, direksi, dan analis yang mereka survei. Hal-hal yang ditanyai meliputi nilai investasi, manajemen, kualitas produk, program tanggung jawab sosial, dan lain sebagainya.

Hasilnya, Apple mendapatkan skor yang cukup baik di berbagai bidang, dan rata-rata skor yang didapatkan perusahaan asal Cupertino, California, AS tersebut tercatat di angka 8,19 poin.

Di bawah Apple, ada Microsoft, Amazon, Berkshire Hathaway, dan JPMorgan Chase yang melengkapi daftar lima perusahaan yang paling dikagumi di dunia. Keempat perusahaan ini masing-masing memiliki skor 7,97, 8,26, 7,56, dan 7,02 poin.

Baca juga: Ini HP Terlaris di Dunia Sepanjang Masa, Bukan Ponsel Android atau iPhone

Jika dilihat lebih lanjut, Amazon memiliki skor keseluruhan lebih tinggi dari Apple. Artinya, semakin tinggi skor keseluruhan, bukan berarti perusahaan tersebut semakin dikagumi, lantaran banyak aspek yang dinilai para partisipan survei.

Secara keseluruhan, Fortune mencatat bahwa ada sekitar 1.500 perusahaan yang ada dalam daftar perusahaan yang paling dikagumi di dunia, di mana 1.000 di antaranya perusahaan AS dan 500 sisanya merupakan perusahaan di luar AS.

Seluruh perusahaan yang ada di dalam daftar ini juga dikategorikan sebagai perusahaan besar, lantaran sudah memiliki pendapatan minimal 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 157 triliun.

Lantas, mana saja 10 perusahaan teratas dalam daftar World's Most Admired Companies All-Stars buatan Fortune? Selengkapnya, berikut daftar 10 perusahaan yang paling dikagumi di dunia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fortune.com, Sabtu (3/2/2024).

  1. Apple
  2. Microsoft
  3. Amazon
  4. Berkshire Hathaway
  5. JPMorgan Chase
  6. Costco Wholesale
  7. Alphabet
  8. American Express
  9. Walmart
  10. Nvidia

Baca juga: Microsoft Salip Apple Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com