Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan dari Apple, Hati-hati jika Tidur di Samping HP yang Dicas

Kompas.com - 24/08/2023, 19:15 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Apple mengimbau pengguna iPhone untuk tidak tidur di samping smartphone yang sedang dicas. Peringatan ini diberikan untuk menghindari risiko cedera, kebakaran, atau sengatan listrik.

Musababnya, iPhone menghasilkan panas ketika diisi dayanya. Apabila tidak ada ruang untuk sirkulasi udara, misalnya ketika ditaruh di bawah bantal atau selimut, panas ini akan dipendam dan berbahaya. Kasus yang paling parah bisa menimbulkan kebakaran.

Oleh karena itu, Apple menganjurkan agar iPhone dicas di permukaan yang datar, seperti meja, dalam ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino ini juga mengimbau pengguna untuk tidak menaruh iPhone yang dicas, di permukaan yang lembut seperti selimut, bantal, atau tubuh pengguna.

Adapun peringatan ini dibagikan lewat halaman dukungan iPhone, yang mencakup sistem operasi (OS) iOS 12 hingga iOS 16.

Dalam halaman tersebut, Apple mengatakan bahwa sebenarnya iPhone dan adaptor daya yang dijual sudah mematuhi aturan batas suhu permukaan ponsel yang berlaku.

Baca juga: Apple Tak Bikin iPhone 15 Pro Max, Inikah Gantinya?

Produk Apple juga disebut menaati standar keselamatan regional dan internasional.

Kendati begitu, suhu yang sudah mengikuti standar ini tetap berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan, apalagi jika pengguna menyentuh permukaan ponsel yang hangat dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, Apple mengimbau pengguna untuk menghindari kontak fisik yang lama dengan permukaan gawai yang hangat.

"Gunakan akal sehat untuk menghindari situasi di mana kulit Anda bersentuhan dengan gawai, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel, saat perangkat dioperasikan atau tersambung ke sumber listrik dalam jangka waktu yang lama," tulis Apple dalam situs resminya.

"Misalnya, jangan tidur di atas perangkat, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel. Hindari meletakkan perangkat dan aksesori tersebut di bawah selimut, bantal, atau tubuh Anda, saat perangkat tersebut tersambung ke sumber listrik," imbuhnya.

Apple menambahkan, pengguna harus berhati-hati apabila memiliki kondisi fisik tertentu, yang menyulitkan pendeteksian panas ponsel pada tubuh.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, tidur di samping smartphone yang sedang dicas dapat menyebabkan sejumlah risiko, seperti kebakaran.

"Kegagalan mengikuti petunjuk keselamatan ini dapat mengakibatkan kebakaran, sengatan listrik, cedera, atau kerusakan pada iPhone atau properti lainnya," imbau Apple.

Pengguna juga diimbau untuk tidak menggunakan kabel charger yang rusak, dan tidak melakukan pengisian daya ketika ponsel, kabel, atau wilayah di sekitarnya basah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com