Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung "Majikan" Terbaik Sedunia Versi Forbes, Google & Apple Masuk 5 Besar

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2023, 08:23 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Outlet media kenamaan Forbes merilis daftar "World's Best Employer" (majikan terbaik di dunia) untuk 2023. Lis yang dirilis tahunan ini terdiri atas 700 perusahaan terbaik yang direkomendasikan oleh 170.000 karyawan dari 50 negara.

Tahun ini, Samsung Electronics menempati posisi pertama dalam daftar World's Best Employer 2023. Perusahaan pembuat ponsel, layar, dan elektronik rumah tangga asal Korea Selatan itu pun menyandang takhta sebagai "majikan" terbaik sedunia versi Forbes.

Ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Samsung Electronics ternyata sudah tiga kali berturut-turut. Perusahaan teknologi raksasa lain macam Microsoft, Google, dan Apple belum bisa mengalahkan Samsung dalam lis ini.

Namun ketiganya masuk dalam peringkat 5 besar World's Best Employer 2023 versi Forbes ini. Microsoft menempati posisi kedua, Alphabet (induk Google) di posisi ketiga, dan Apple berada di posisi keempat. Sementara posisi kelima dihuni oleh Ferrari, perusahaan otomotif asal Italia.

Baca juga: Laba Operasi Samsung Turun 78 Persen akibat Bisnis Chip Lesu

Outlet media kenamaan Forbes kembali merilis daftar World's Best Employer (majikan terbaik di dunia) untuk 2023.Forbes Outlet media kenamaan Forbes kembali merilis daftar World's Best Employer (majikan terbaik di dunia) untuk 2023.
Lantas, apa yang membuat perusahaan masuk dalam daftar majikan terbaik dunia Forbes ini?

Sebelumnya, majikan di sini menurut KBBI didefinisikan sebagai orang atau organisasi yang menyediakan pekerjaan untuk orang lain berdasarkan ikatan kontrak.

Dalam situs resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (13/10/2023), Forbes mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan firma riset pasar Statista melakukan survei terhadap lebih dari 170.000 karyawan yang bekerja di perusahaan dan institusi multinasional di lebih dari 50 negara.

Responden ditanya apakah mereka akan merekomendasikan perusahaan tempat mereka bekerja kepada keluarga atau teman.

Baca juga: Ponsel Murah Jadi Andalan Samsung di Kuartal II-2023

Selain itu, responden juga disuruh menilai perusahaan mereka berdasarkan kriteria seperti pengembangan bakat, pilihan kerja jarak jauh (remote working), tunjangan cuti orang tua, keberagaman, keseimbangan kehidupan kerja (work-life balance), serta kebanggaan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Seluruh jawaban responden dikodifikasikan ke dalam sistem penilaian. Nah, 700 perusahaan dengan skor tertinggi akhirnya masuk di lis "World's Best Employer" 2023 Forbes.

Forbes menegaskan bahwa daftar ini murni dari hasil survei. Seluruh perusahaan tidak membayar biaya apapun untuk masuk daftar World's Best Employer 2023.

Kantor pusat Samsung Samsung Digital City di Suwon, Korea Selatan.KOMPAS.com/ Lulu C. Mahendra Kantor pusat Samsung Samsung Digital City di Suwon, Korea Selatan.
Nah, dari hasil survei terhadap lebih dari 170.000 karyawan di perusahaan multinasional, Samsung Electronics memperoleh nilai tinggi dalam hal kepuasan karyawan. Selain itu karyawan juga memberikan nilai tinggi perihal rasa bangga terhadap produk dan layanan Samsung Electronics.

Perusahaan teknologi raksasa dengan 270.372  karyawan ini dilaporkan terus meningkatkan dan berinovasi dalam lingkungan kerja, sistem, dan budaya perusahaannya. Perusahaan yang bermarkas di Suwon, Korea Selata ini juga dikenal menawarkan berbagai tunjangan kesehatan dan kesejahteraan kepada karyawannya.

Untuk pengembangan bakat, Samsung punya program inkubasi startup internal bernama C-Lab Inside, misalnya.

Program C-Lab Samsung ini mendorong budaya perusahaan yang kreatif dan mendukung dan membina ide-ide inovatif karyawan. Melalui C-Lab, karyawan dapat mewujudkan ide mereka menjadi bisnis dan mengelolanya secara mandiri, yang mana Samsung Research menyediakan dana dan konsultasi.

Samsung juga menawarkan platform berbagi ide internal MOSAIC, Samsung Talent Exchange Program (STEP) dan The University of Samsung Electronics (The Universe) untuk mendidik karyawannya menjadi pemimpin global.

Itu dia beberapa faktor yang kemungkinan besar membuat Samsung mendapatkan skor tertinggi dari responden menurut laporan The Korea Economic Daily. Dengan begitu, Samsung menjadi majikan terbaik di dunia versi daftar "World's Best Employer" 2023 Forbes.

Sayangnya, Forbes tidak merinci skor yang didapatkan masing-masing perusahaan, serta tidak mengungkap ringkasan jawaban responden terhadap perusahaan yang dinilai baik dan direkomendasikan.

Seluruh 700 perusahaan dalam lis World's Best Employer 2023 Forbes bisa disimak melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com