Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Layar HP Bergaris yang Perlu Diketahui dan Cara Memperbaikinya

Kompas.com - 11/02/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui penyebab layar HP bergaris. Sebagai informasi, layar HP bergaris bisa dibilang merupakan masalah yang kerap terjadi, terutama di ponsel-ponsel yang menggunakan layar berjenis touchscreen.

Jika mengalami masalah layar HP bergaris, pengguna mungkin bakal cukup terganggu. Perlu diketahui, saat masalah ini terjadi, layar HP bisa tiba-tiba muncul garis yang membentang secara horizontal ataupun vertikal.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri dengan Mudah dan Praktis

Kemudian, garis pada layar HP itu bisa berwarna putih, hijau, biru, pink, hitam, dan merah. Warna dari garis tersebut bisa sangat cerah dan kontras dengan layar HP. Adapun contoh masalah layar HP bergaris adalah sebagai berikut.

Ilustrasi masalah layar HP bergaris.The Tech Outlook Ilustrasi masalah layar HP bergaris.

Dari contoh tersebut, tampilan layar HP jadi terhalangi garis dan bakal mengganggu pandangan pengguna. Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui penyebab layar HP bergaris. Dengan mengetahuinya, pengguna bisa melakukan langkah perbaikan.

Lantas, sebenarnya apa penyebab layar HP bergaris? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai penyebab layar HP bergaris.

Penyebab layar HP bergaris

Dikutip dari Android Authority, penyebab layar HP bergaris umumnya dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen perangkat kerasnya.

Kerusakan itu dapat ditimbulkan dari beberapa kesalahan, misalnya HP terjatuh, kemasukan air, dan kesalahan penggunaan lainnya. Adapun penjelasan beberapa penyebab layar HP bergaris adalah sebagai berikut:

1. Tekanan pada layar HP

Layar HP mungkin mengalami tekanan yang tidak terduga, misalnya seperti saat HP tak sengaja diduduki. Tekanan yang melebihi kemampuan layar HP dapat menyebabkan layar menampilkan garis vertikal dan horizontal.

2. HP terjatuh

Jika terjatuh, ada kemungkinan HP mengalami beberapa kerusakan komponen di bagian dalam, meski bagian luarnya mungkin tampak baik-baik saja. Kerusakan komponen dalam dapat memicu munculnya garis dengan warna kontras pasa layar HP.

3. Kemasukan air

Jika HP kemasukan air dan dicoba dinyalakan, tindakan itu dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting, yang akhirnya bisa berpotensi menyebabkan munculnya garis vertikal dan horizontal pada layar HP.

4. Terpapar suhu panas berlebih

Suhu panas berlebih yang terpapar berkepanjangan di HP dapat merusak komponen penting pada layar. Suhu panas itu bisa datang dari mana saja seperti cuaca, menaruh HP dalam mobil saat panas, dan mengisi daya sambil bermain HP.

5. Gangguan perangkat lunak

Selain disebabkan karena kerusakan pada komponen layar, masalah layar HP bergaris tak menutup kemungkinan disebabkan juga karena terdapat gangguan atau bug pada sistem perangkat lunak.

Itulah beberapa penyebab layar HP bergaris. Jika mengalaminya, pengguna tak perlu panik karena terdapat serangkaian upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar HP bergaris. Lantas, bagaimana cara menghilangkan garis di layar HP?

Baca juga: 6 Jenis Pelindung Layar HP serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara memperbaiki layar HP bergaris

Cara mengatasi layar HP bergaris itu bisa dibilang cukup mudah, bergantung dari faktor yang menyebabkannya. Misalnya, jika terdapat kotoran dan benda yang dapat menekan HP, pengguna bisa mencoba membersihkannya sendiri.

Kemudian, jika disebabkan masalah perangkat lunak, pengguna dapat melakukan beberapa upaya untuk mengatasi masalah ini, seperti restart HP, factory reset, dan membarui sistem operasi HP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com