Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 15/01/2024, 09:19 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan untuk mengatasi masalah-masalah yang umum terjadi pada layar HP (handphone), terutama jenis touchscreen. Salah satunya seperti cara mengatasi layar HP bergerak sendiri alias ghost touch.

Layar HP touchscreen dalam kondisi normal perlu diusap atau digerakkan dengan jari pengguna supaya dapat beroperasi. Dalam kondisi normal pula, pergerakan layar HP akan mengikut arah usapan jari pengguna.

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dengan Mudah

Akan tetapi, saat masalah ghost touch terjadi, layar HP bisa bergerak sendiri walaupun tidak disentuh atau diusap pengguna. Kemudian, layar HP juga bisa bergerak, tetapi tidak sesuai dengan arah usapan jari pengguna.

Dengan kondisi yang demikian, saat masalah layar HP bergerak sendiri terjadi, pengguna mungkin bakal cukup kerepotan. Pasalnya, layar touchscreen HP merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat navigasi pengguna, sehingga bisa mengoperasikan HP.

Jika sampai bermasalah, pengguna tak akan dapat mengoperasikan HP dengan lancar. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki layar HP yang bergerak sendiri? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP bergerak sendiri atau ghost touch.

Penyebab layar HP gerak sendiri

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami dulu penyebab layar HP gerak sendiri. Lantas, apa penyebab layar HP gerak sendiri? Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan masalah ghost touch pada layar HP.

Penyebab layar HP gerak sendiri yang pertama bisa datang dari adanya debu atau cairan yang menempel di layar HP. Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Kemudian, penyebab layar HP gerak sendiri juga bisa dikarenakan penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau abal-abal. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya itu bisa mengganggu responsivitas sentuhan layar.

Penyebab layar HP Gerak sendiri yang lainnya juga dapat ditimbulkan lantaran terdapat bug pada sistem perangkat lunak, penggunaan screen guard atau lapisan pelindung layar yang tidak sesuai, dan kerusakan pada komponen layar.

Itulah beberapa penyebab layar HP gerak sendiri. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP bergerak sendiri atau ghost touch dengan mudah dan praktis.

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri itu bisa dibilang cukup mudah, asalkan masalah yang terjadi disebabkan karena gangguan ringan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ghost touch pada layar HP.

Misalnya, pengguna bisa mengganti charger abal-abal dengan charger asli untuk mengisi daya HP. Kemudian, pengguna juga bisa melakukan restart HP untuk membantu menyegarkan kembali sistem yang mungkin mengalami gangguan.

Untuk lebih lengkapnya, adapun cara mengatasi layar HP bergerak sendiri dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut.

1. Lepas screen guard pada layar HP

Cara mengatasi layar HP bergerak sendiri yang pertama adalah melepas screen guard yang terpasang. Untuk diketahui, screen guard dapat menambah lapisan pelindung layar HP sehingga jadi lebih tidak mudah tergores.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com