Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Mengupas AI dan Kamera Baru di Samsung Galaxy S24, Berguna atau Sebaliknya?

Kompas.com - 13/02/2024, 18:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Podcast AntarMuka dari KompasTekno kembali hadir. Topik bahasan perdana di 2024 kali ini adalah seri ponsel flagship terbaru dari Samsung, Galaxy S24, yang datang dengan serangkaian fitur berbasis kecerdasan buatan bernama Galaxy AI.

Sekilas didengar, fitur-fitur artificial intelligence di lini ponsel Galaxy S24 mungkin terkesan seperti gimmick belaka. Namun, setelah ditelaah lebih jauh, ternyata ada sejumlah kemampuan menarik yang disajikan.

Dari penerjemah, editing foto, hingga video slow motion

Galaxy AI mencakup berbagai hal, mulai dari penerjemahan suara dalam percakapan telepon dan perpesanan, hingga fitur pencarian Circle to Search yang diwujudkan lewat kerja sama dengan Google.

Baca juga: AI di Samsung Galaxy S24 Bisa Bikin Wallpaper Unik, Ini Caranya

Circle to Search termasuk salah satu kemampuan AI yang bisa bermanfaat bagi pemilik ponsel seri Samsung Galaxy S24. Benda apapun yang tampil di layar bisa dilingkari untuk dikenali secara otomatis, kemudian ditelusuri informasinya lewat Google.

KompasTekno sempat menjajalnya di konser Coldplay di Singapura beberapa waktu lalu. Ketika itu, Circle to Search dipakai untuk mencari tahu soal sneakers apa saja yang dikenakan oleh pengunjung.

Cara menghilangkan objek di dalam foto menggunakan Galaxy AI di Samsung S24 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara menghilangkan objek di dalam foto menggunakan Galaxy AI di Samsung S24 Ultra

Kemampuan berbasis kecerdasan buatan lainnya yang turut dihadirkan adalah generative edit. Dengan fitur ini, pengguna Samsung Galaxy S24 bisa memindah-mindahkan dan mengatur ukuran obyek dalam foto yang sudah diambil dengan leluasa.

Kekosongan dari tempat awal obyek tersebut akan diisi oleh generative AI. Gambar hasil modifikasi dengan AI ini tampak nyaris sama persis dengan foto semula.

Baca juga: 6 Fitur Serba Baru di Samsung S24 Series, dari AI hingga Upgrade Android 7x

Generative AI rupanya juga dimanfaatkan oleh Samsung untuk membuat fitur lain yang tak kalah menarik, yakni menyulap video apapun menjadi slow-motion, walaupun file aslinya hanya direkam dengan frame rate rendah.

Zoom optis berkurang, masih bisa untuk konser?

Selain fitur-fitur AI, khusus untuk ponsel flagship teratas Samsung, Galaxy S24 Ultra, satu perubahan yang mencolok adalah perubahan konfigurasi kamera belakang.

Galaxy S24 Ultra masih memiliki kamera utama 200 MP (f/1.7, OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, FoV 120 derajat), dan kamera telephoto 10 MP (f/2.4, OIS) dengan zoom optis 3x.

Opsi zoom 10x masih tersedia di aplikasi kamera Galaxy S24 Ultra dan bisa langsung dipilih oleh penggunaKOMPAS.com/ ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Opsi zoom 10x masih tersedia di aplikasi kamera Galaxy S24 Ultra dan bisa langsung dipilih oleh pengguna

Namun, kamera telephoto kedua diganti dan tingkat zoom optisnya dipangkas setengah, dari awalnya 10 MP (f/4.9, OIS) dengan zoom optis 10x di Galaxy S23 Ultra, menjadi 50 MP (f/3.4, OIS) dengan zoom optis 5x di Galaxy S24 Ultra.

Baca juga: Kamera Diganti, Samsung Galaxy S24 Ultra Tetap Bisa Zoom 100x

Padahal, Samsung Galaxy S23 Ultra sebelumnya dikenal sebagai "HP konser" lantaran bisa melakukan zoom in sangat jauh dengan kamera telephoto 10x miliknya.

KompasTekno turut menjajal kamera telephoto 5x baru di Galaxy S24 Ultra ketika menghadiri konser Coldplay di Singapura untuk merekam video dan menjepret foto.

Kira-kira seperti apa hasilnya? Apakah ponsel ini masih layak menyandang predikat "HP konser"? Temukan jawabannya berikut pembahasan mengenai fitur-fitur AI Galaxy S24 dalam video podcast AntarMuka KompasTekno di tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com