Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biznet Mulai Terapkan FUP, Begini Cara Cek Kuota Internet

Kompas.com - 15/02/2024, 17:30 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biznet akhirnya mengikuti langkah perusahaan penyedia layanan internet kabel lain di Indonesia, yang menerapkan kebijakan batas pemakaian wajar (Fair Usage Policy/FUP). Kebijakan ini bahkan sudah diterapkan Biznet pada awal tahun ini.

Bagi Biznet, FUP adalah kebijakan baru. Sebelumnya, Biznet menawarkan internet tanpa batasan FUP setiap bulannya. Dengan adanya FUP, ketika pelanggan melewati batas pemakaian wajar, maka kecepatan internetnya akan berkurang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menyusul perubahan itu, setiap paket internet Biznet kini dilengkapi dengan kuota. Paket Biznet Home Internet 0D misalnya, dibanderol seharga Rp 250.000 dengan benefit kuota 1.500 GB per bulan dan kecepatan 50 Mbps.

Ketika kuota tersebut habis sebelum masa berlangganan selanjutnya, pelanggan masih tetap bisa berinternet ria. Akan tetapi, kecepatannya diturunkan menjadi 5 Mbps.

Lantas bagaimana bila pengguna ingin mengecek sisa kuotanya?

Baca juga: Biznet Mulai Terapkan Kebijakan FUP Internet

Cara cek kuota Biznet setelah pemberlakukan FUP yaitu dengan mengakses portal MyBiznet. MyBiznet adalah aplikasi web-based yang bisa diakses pelanggan untuk mengetahui sejumlah informasi termasuk sisa kuota internet paket Biznet yang dipakai, masa aktif layanan, riwayat pembayaran hingga informasi lainnya seputar Biznet.

Jadi, selain untuk mengecek sisa kuota, pelanggan juga bisa mendapat aneka informasi lainnya.

Nah, untuk masuk ke portal MyBiznet pelanggan perlu mempersiapkan e-mail yang terdaftar di sistem Biznet sebagai username serta memasukkan password. Berikut tahapan cara cek kuota Biznet.

Cara cek kuota Biznet

  • Buka portal MyBiznet (https://app.biznet.id/)
  • Masukan username serta password
  • Lihat sisa kuota yang tertera di tampilan utama

Ilustrasi cara cek kuota internet BiznetKompas.com/Lely Maulida Ilustrasi cara cek kuota internet Biznet

Disebar bertahap

Seperti tercantum di atas, diperlukan username serta password untuk mengakses portal MyBiznet. Kedua hal tersebut dibagikan oleh pihak Biznet langsung ke masing-masing pelanggan lewat e-mail.

Namun berdasarkan pantauan KompasTekno, belum semua pelanggan mendapat e-mail pemberitahuan tersebut. Sementara sebagian lainnya termasuk salah satu tim kami sudah mendapat e-mail itu sejak Senin (12/2/2024).

Saat KompasTekno menghubungi layanan konsumen alias customer service (CS) Biznet, pihak Biznet menjelaskan bahwa username dan password untuk akses ke portal MyBiznet bakal dikirimkan ke e-mail pelanggan yang terdaftar di sistemnya secara bertahap.

"Untuk username dan password-nya akan dikirimkan ke email yang terdaftar dari sistem kami secara bertahap," tutur pihak Biznet, Kamis (15/2/2024).

Boleh jadi, karena distribusinya bertahap maka belum semua pelanggan bisa mengakses portal MyBiznet untuk mengecek kuota.

Baca juga: Daftar FUP Internet Biznet untuk Paket Home dan Metronet

Selain itu, ada pula kemungkinan kendala yang membuat pengiriman e-mail gagal atau tidak terindentifikasi. Agar lebih jelas, pelanggan bisa menghubungi tim CS Biznet lewat telepon maupun e-mail.

Bagi pelanggan Biznet Home, bisa menghubungi Biznet Home Care 1500933, email home_care@biznetnetworks.com dan live chat di biznethome.net.

Adapun untuk pelanggan Biznet Metronet dapat menghubungi Biznet Customer Care 1500988, email customer_care@biznetnetworks.com dan live chat di biznetnetworks.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com