Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 17/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa pengoperasian dasar pada iPhone, perangkat ponsel buatan Apple. Salah satu pengoperasian dasar itu adalah cara mengaktifkan eSIM di iPhone.

Perlu diketahui, kebanyakan iPhone saat ini telah didukung dengan eSIM. Penggunaan eSIM itu bakal lebih memudahkan pengguna untuk mengakses layanan jaringan seluler. Dengan eSIM, pengguna iPhone tak perlu repot-repot lagi memakai kartu SIM fisik.

Baca juga: Setelah eSIM, Kini Hadir Kartu SIM Digital Baru iSIM, Apa Itu?

Saat ini, di Indonesia sudah terdapat beberapa operator seluler yang menyediakan eSIM, seperti Smartfren, Indosat, dan XL. Pengguna bisa mengaktifkan eSIM dari operator seluler tersebut di iPhone.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan eSIM di iPhone? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengaktifkan eSIM di iPhone dengan mudah dan praktis.

Cara mengaktifkan eSIM di iPhone

Cara mengaktifkan eSIM di iPhone itu sejatinya cukup mudah. Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa mengakses menu pengaturan jaringan seluler di iPhone. Namun, sebelum mengaktifkan terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan dulu.

Pertama, pengguna harus memiliki iPhone yang mendukung eSIM. Kemudian, pengguna juga harus memiliki eSIM yang disediakan operator seluler.

Setelah itu, pengguna baru bisa mengaktifkan eSIM di iPhone. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengaktifkan eSIM di iPhone adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Cellular” atau “Seluler”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Add eSIM”.
  • Berikutnya, mulai aktivasi eSIM di iPhone. Aktivasi eSIM salah satunya bisa dilakukan melalui pemindaian kode QR. Untuk aktivasi eSIM di iPhone dengan memindai kode QR, pilih opsi “Use QR Code”.
  • Selanjutnya, pindai kode QR yang tertera pada eSIM.
  • Setelah pemindaian berhasil, eSIM secara otomatis bakal ditambahkan ke iPhone.
  • Selain lewat pemindaian kode QR, pengguna juga bisa mengaktifkan eSIM secara manual di iPhone dengan memasukkan informasi aktivasi yang disediakan operator seluler.
  • Setelah eSIM ditambahkan, pengguna bisa mulai registrasi nomor telepon ke 4444, seperti halnya registrasi kartu SIM fisik.
  • Registrasi diperlukan supaya eSIM dapat dipakai untuk mengakses layanan seluler, seperti SMS, internet, atau telepon, di Indonesia.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh dengan Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara mengaktifkan eSIM di iPhone? Dengan cara di atas, pengguna bisa memakai eSIM sebagai nomor telepon di iPhone untuk menggantikan atau mendampingi kartu SIM fisik.

Itulah penjelasan seputar cara mengaktifkan eSIM di iPhone dengan mudah dan praktis. Sementara itu, sebagian pengguna mungkin belum familier dengan eSIM. Lantas, apa itu eSIM? Jika belum tahu, berikut adalah penjelasan apa itu eSIM.

Apa itu eSIM?

eSIM (embedded SIM Card) merupakan inovasi dari kartu SIM dalam menyediakan nomor telepon dan layanan seluler di ponsel. eSIM berbeda dari kartu SIM konvensional atau kartu SIM fisik.

Untuk diketahui, SIM (Subscriber Identity Module) adalah chip yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan mengautentikasi perangkat pengguna agar dapat terhubung dengan jaringan operator seluler.

Teknologi SIM kini telah berkembang. Salah satu bentuk perkembangannya adalah eSIM, yang berbeda dengan kartu SIM fisik. eSIM adalah sebuah modul atau chip SIM yang tertanam pada bagian motherboard ponsel secara permanen.

Dengan demikian, eSIM tidak memiliki bentuk fisik eksternal dan tidak bisa dilepas-pasang, tidak seperti kartu SIM fisik. Sebagai gantinya, pengguna hanya perlu memindai barcode untuk dapat mengaktifkan eSIM pada ponsel yang diinginkan.

Tidak semua ponsel saat ini telah mendukung eSIM. Misalnya, untuk iPhone, dikutip dari laman resmi Apple, model-model iPhone yang mendukung eSIM adalah model iPhone Xs, iPhone XS Max, iPhone XR, atau model iPhone yang lebih baru.

Baca juga: 2 Cara Merekam Layar iPhone dengan Suara, Tak Perlu Aplikasi Tambahan

Dengan adanya eSIM di iPhone yang masih mendukung kartu SIM fisik, pengguna jadi bisa mengaktifkan dua nomor telepon, satu dari kartu SIM fisik dan satunya lagi dari eSIM. Demikianlah penjelasan soal apa itu eSIM.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com