Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 17/02/2024, 18:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Ada beberapa masalah yang umum terjadi pada layar HP, terutama layar yang berjenis touchscreen. Salah satunya adalah layar HP macet alias tidak bisa disentuh.

Layar touchscreen menjadi hal yang penting bagi HP karena semua navigasi dan kontrol dilakukan di komponen itu. Saat layar sentuh HP eror dan tidak bisa disentuh terjadi, pengguna mungkin bakal cukup kerepotan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Layar HP Hitam di Android

Pasalnya, pengguna jadi tidak bisa mengoperasikan HP. Lantaran bakal merepotkan, untuk berjaga-jaga, pengguna akhirnya perlu untuk mengetahui cara memperbaiki layar HP tidak bisa disentuh.

Lantas, bagaimana cara memperbaiki HP yang tidak bisa disentuh? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh alias macet.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Lantas, apa penyebab layar sentuh HP eror dan tidak bisa disentuh? Ada beberapa penyebab yang menimbulkan masalah layar HP macet.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh yang pertama bisa datang dari adanya debu atau cairan yang menempel di layar HP. Cairan atau debu yang menempel di permukaan layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Kemudian, penyebab layar HP tidak bisa disentuh juga bisa dikarenakan penggunaan perangkat cas yang tidak asli atau abal-abal. Output daya dari charger abal-abal cenderung tidak stabil. Ketidakstabilan output daya itu bisa mengganggu responsivitas sentuhan layar.

Selanjutnya, penyebab layar HP tidak bisa disentuh bisa ditimbulkan karena terdapat kerusakan komponen di bagian dalam, yang datang dari beberapa kesalahan penggunaan seperti HP terjatuh atau tertekan.

Penyebab layar HP tidak bisa disentuh yang lainnya juga dapat ditimbulkan lantaran terdapat bug pada sistem perangkat lunak dan penggunaan screen guard atau lapisan pelindung layar yang tidak sesuai.

Itulah beberapa penyebab layar HP tidak bisa disentuh. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memperbaiki layar HP tidak bisa disentuh dengan mudah dan praktis

Cara memperbaiki layar HP tidak bisa disentuh

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh itu bisa dibilang cukup mudah, bergantung faktor yang menyebab masalah itu terjadi. Ada beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang dapat dilakukan pengguna.

Misalnya, pengguna bisa membersihkan layar HP dari kotoran debu atau cairan yang menempel. Kemudian, jika ditimbulkan dari masalah perangkat lunak, pengguna bisa mencoba untuk melakukan restart HP atau masuk ke Safe Mode pada HP Android.

Adapun beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan permukaan layar HP

Pertama, pengguna bisa mencoba untuk membersihkan layar HP dari cairan atau debu yang menempel. Cairan dan debu di layar HP bisa membuat responsivitas sentuhannya terganggu.

Untuk membersihkan dari debu atau cairan, pengguna bisa mengusap layar HP dengan kain yang berbahan lembut dan tidak bersifat korosif.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com