Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Realme Bawa Kamera ala Flagship ke HP Kelas Menengah Realme 12 Pro Plus

Kompas.com - 19/02/2024, 10:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Vendor smartphone Realme dalam waktu dekat akan memboyong smartphone kelas menengah (mid-range) terbarunya, Realme 12 Pro Plus, ke Indonesia pada bulan Februari ini.

Kendati masuk dalam segmen ponsel kelas menengah, Realme 12 Pro Plus dibekali fitur fotografi ala ponsel kelas atas.

Misalnya, kamera telefoto 64 MP (f/2.6) dengan sensor OmniVision IV64B 1,2 inci. Kamera tersebut mampu melakukan zoom optis sebanyak 3x dan dibekali penstabil gambar (OIS/Optical Image Stabilization).

Lalu, kamera utama 50 MP-nya menggunakan sensor IMX890 dengan aperture lebih besar f/1.8, seperti HP kelas atas dari seri Realme GT3 dan GT5. Selain itu, Realme 12 Pro Plus dibekali lensa periskop yang biasanya hadir di smartphone kelas atas.

Lantas, dengan sederet fitur kamera tersebut, apakah Realme 12 Pro Plus bakal dijual lebih tinggi untuk HP sekelasnya?

Menurut Director Marketing Realme Indonesia, Ellen Zhou, Realme membawa fitur-fitur kamera ala flagship ke Realme 12 Pro Plus karena ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda ke lebih banyak orang. Bukan berfokus hanya pada “cuan” dengan menaikkan harga ponsel.

Baca juga: Realme Optimis Masuk Tiga Vendor Smartphone Teratas di Indonesia Tahun Ini

“Kami mencoba membawa fitur paling flagship ke smartphone untuk dijajal lebih banyak orang. Ini menjadi visi kami membawa pengalaman kepada pengguna agar bisa mencobanya,” jelas Ellen kepada KompasTekno dalam acara media trip ke Kuala Lumpur Malaysia, Jumat (16/2/2024).

(Kiri-kanan) Director Marketing Realme Indonesia Ellen Zhou dan Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca dalam acara media trip di Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (17/2/2024)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Director Marketing Realme Indonesia Ellen Zhou dan Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca dalam acara media trip di Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu (17/2/2024)
Dalam kesempatan yang sama, Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca juga turut mengungkapkan hal senada.

Walau tidak mengumbar harga banderolnya secara spesifik, ia memastikan bahwa Realme 12 Pro Plus akan tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau, layaknya smartphone mid-range.

“Yang jelas harganya akan tetap terjangkau, jadi dinantikan saja saat peluncuran resminya nanti,” pungkas Vava.

Sebagai gambaran, smartphone kelas mid-range umumnya dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 6 juta.

Lalu, harga generasi sebelumnya, Realme 11 Pro Plus 5G dijual Rp 6,9 juta di Indonesia. Kemungkinan harga jual Realme 12 Pro Plus tidak akan jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Sasar pengguna muda

Ellen juga mengumbar bahwa misi Realme di tahun ini selaras dengan laporan yang dipublikasi oleh firma riset Counterpoint. Realme bakal lebih berfokus pada segmen anak muda di 2024 dengan menghadirkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

“Seperti yang Anda tahu, laporan Counterpoint mencatat bahwa HP Realme kerap menjadi pilihan bagi anak muda,” jelas Ellen.

Lewat laporan surveinya, Counterpoint mencatat Realme unggul di dua aspek, yakni “brand smartphone untuk anak muda” dan “dijadikan pilihan oleh anak muda”. Anak muda yang dimaksud terdiri dari usia 18 tahun hingga 30 tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com