Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Oppo A79 5G yang Kini Layarnya Lebih Besar dan Lega

Kompas.com - 22/02/2024, 17:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A79 5G merupakan salah satu smartphone terbaru Oppo di Indonesia dengan harga Rp 3 jutaan, yang memiliki keunggulan di aspek layar. Ponsel ini mengusung layar IPS LCD super lega ukuran 6,72 inci dan resolusi Full HD Plus.

Layar ini terasa lega karena memiliki bezel yang bisa dibilang cukup tipis di kelasnya, selain ukurannya juga nyaris mencapai 7 inci. Oppo mengeklaim rasio layar ke bodi ponsel ini mencapai 91,40 persen.

Karena cukup lega, layar Oppo A79 5G terbilang nyaman digunakan untuk menikmati aneka konten hiburan seperti di YouTube, Netflix, dll.

Baca juga: Oppo A79 5G Rilis di Indonesia, Layar Lebih Besar Harga Rp 3 Jutaan

Layar juga terasa cukup responsif terhadap sentuhan, karena sudah memiliki touch sampling rate maksimal hingga 180 Hz dengan refresh rate 90 Hz.

Untuk tingkat kecerahan layar (brightness), Oppo A79 5G memiliki brightness sekitar 680 nit. Dengan angka brightness tersebut, konten yang ada di dalam layar masih bisa dilihat dengan baik, meski ponsel dipakai di bawah sinar matahari terik.

Layar Oppo A79 5G, yang masih tetap menggunakan panel IPS LCD, memiliki ukuran 6,72 inci, lebih luas dari Oppo A78 5G yang memiliki ukuran 6,56 inci.

Selain itu, resolusi layar ponsel terbaru Oppo ini juga lebih besar dengan Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel), alih-alih HD Plus (720 x 1.612 piksel).

Nah, karena layar dan resolusinya lebih tinggi, maka pengalaman menggunakan layar Oppo A79 5G, seperti menonton, bermain game, menelusuri internet, dan lain sebagainya tentunya akan lebih nyaman dibanding Oppo A78 5G.
Kompas.com/BILL CLINTEN Layar Oppo A79 5G, yang masih tetap menggunakan panel IPS LCD, memiliki ukuran 6,72 inci, lebih luas dari Oppo A78 5G yang memiliki ukuran 6,56 inci. Selain itu, resolusi layar ponsel terbaru Oppo ini juga lebih besar dengan Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel), alih-alih HD Plus (720 x 1.612 piksel). Nah, karena layar dan resolusinya lebih tinggi, maka pengalaman menggunakan layar Oppo A79 5G, seperti menonton, bermain game, menelusuri internet, dan lain sebagainya tentunya akan lebih nyaman dibanding Oppo A78 5G.

Membahas layar, bagian tengah atas layar Oppo A79 5G dihiasi dengan lubang kamera (punch hole). Lubang kamera ini memuat kamera selfie 8 MP.

Beralih ke bagian belakang, cangkang Oppo A79 5G mengadopsi desain mengilap. Kebetulan varian yang kami genggam adalah Mystery Black, dan varian ini membuat punggung ponsel yang berwarna hitam bisa berubah menjadi warna abu-abu jika dilihat dari sisi berbeda.

Varian lainnya adalah Dazzling Purple yang mengusung finishing Glowing Feather. Dengan desain ini, Oppo mengeklaim bagian punggung Oppo A79 5G akan memiliki kesan halus yang mirip "bulu" hewan, namun tetap tampil cantik karena punggungnya akan mengilap seperti "berlian".

Baca juga: Oppo A79 5G Meluncur dengan Upgrade Chip Dimensity

Masih di punggung perangkat, di sisi ini terdapat dua kamera yang dimuat dalam sebuah modul berbentuk persegi. Kedua kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (depth sensor).

Nyaman digenggam dan ringan

Bagian punggung Oppo A79 5G bisa dibilang lebih cantik dan mewah dibanding Oppo A78 5G. Sebab, Oppo menggunakan polesan (finishing) cangkang mengilap baru bernama Mystery Black. Cangkang ini menawarkan tampilan warna hitam, namun akan berubah menjadi warna abu-abu ketika dilihat dari sisi berbeda.Kompas.com/BILL CLINTEN Bagian punggung Oppo A79 5G bisa dibilang lebih cantik dan mewah dibanding Oppo A78 5G. Sebab, Oppo menggunakan polesan (finishing) cangkang mengilap baru bernama Mystery Black. Cangkang ini menawarkan tampilan warna hitam, namun akan berubah menjadi warna abu-abu ketika dilihat dari sisi berbeda.

Pada aspek kenyamanan menggenggam, Oppo A79 5G bisa kami bilang enak untuk dipegang berlama-lama.

Sebab, ponsel ini memiliki dimensi ketebalan 7,99 mm, dan angka dimensi ketebalan ini terbilang cukup kecil dan mirip dengan beberapa ponsel premium di lini Oppo Reno Series.

Dengan dimensi ketebalan di bawah 8 mm ini, serta dimensi tinggi dan lebar 165,65 mm dan 75,98 mm, ponsel ini bisa dibilang cukup ramping. Dengan begitu, kami bisa mengoperasikan ponsel ini dengan nyaman meski hanya menggunakan satu tangan.

Di samping tipis, Oppo A79 5G juga cukup ringan dan terbilang enak dan tidak ribet dibawa ke mana-mana.

Pasalnya, bobot ponsel ini berkisar di angka 193 gram, bisa dibilang lebih enteng dibanding model lain di Oppo A-Series.

Bagian bingkai kiri Oppo A79 5G yang terdapat laci kartu SIM berjenis hybrid. Artinya, pengguna bisa memakai dua kartu SIM berjenis nano atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD di Oppo A79 5G secara bersamaan.Kompas.com/BILL CLINTEN Bagian bingkai kiri Oppo A79 5G yang terdapat laci kartu SIM berjenis hybrid. Artinya, pengguna bisa memakai dua kartu SIM berjenis nano atau satu kartu SIM dan satu kartu microSD di Oppo A79 5G secara bersamaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com