Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook dan Instagram "Down" di Seluruh Dunia Tadi Malam, Ini Kata Meta

Kompas.com - Diperbarui 06/03/2024, 06:18 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah layanan media sosial yang berada di bawah naungan Meta, seperti Facebook, Instagram, Threads, serta layanan pesan Messenger, tumbang dan tidak bisa diakses (down) di sleuruh dunia, termasuk Indonesia pada Selasa (5/3/2024) malam.

Pantauan KompasTekno, layanan Facebook Instagram dkk down sekitar pukul 22.00 WIB. Pihak Meta telah mengetahui hal ini.

"Kami menyadari adanya masalah yang dialami pengguna saat masuk (login) ke platform kami," tulis Meta di situs resminya.

"Tim teknisi kami menyadari dan secara aktif mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," tambah Meta.

Sementara Head of Communications Meta, Andy Stone juga mengumumkan kabar Facebook down ini melalui platform X/Twitter.

"Kami mengerti orang-orang kesusahan mengakses layanan-layanan kami. Kami sedang mengatasinya," tulis Andy.

Selama down, pengguna tidak bisa mengakses konten-konten baru melalui aplikasi Instagram, baik itu konten Instagram Stories (IGS) maupun Instagram Feed.

Ketika mengakses Instagram Feed, akan muncul informasi bahwa konten tidak bisa diperbarui alias "Couldn't refresh the feed".

Ilustrasi aplikasi Instagram down malam ini.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi Instagram down malam ini.

Kemudian ketika kami mencoba mengunggah konten IGS, konten tersebut tak akan bisa diunggah, dan kami mendapatkan notifikasi "Story not uploaded".

Konten tersebut tak bisa diunggah karena ada kesalahan di dalam aplikasi Instagram, seperti tampak pada gambar di atas.

Lalu untuk aplikasi Facebook, kami tiba-tiba "dipaksa" keluar dari akun kami, dan aplikasi tersebut menampilkan jendela "Session Expired" atau sesi masuk (login) berakhir.

Ilustrasi aplikasi Facebook down malam ini.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi Facebook down malam ini.

Ketika mencoba login kembali ke dalam aplikasi, kami ternyata tidak bisa masuk lagi, lantaran ada jendela pemberitahuan "Something went wrong" yang berarti bahwa ada masalah di dalam Facebook.

Dengan kata lain, kami sama sekali tidak bisa mengakses konten yang ada di dalam aplikasi Facebook.

Tidak hanya kami, masalah Facebook dan Instagram down ini tampaknya juga dirasakan ribuan pengguna lainnya, apabila mengacu pada situs pendeteksi status platform internet Downdetector.id.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Beranda

Ilustrasi Instagram dan Facebook down di Downdetector.id.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi Instagram dan Facebook down di Downdetector.id.

Dalam situs tersebut, sekitar pukul 22.31 WIB malam ini, ada sekitar 4.600 laporan yang mengeklaim bahwa aplikasi Instagram tidak bisa diakses.

Sedangkan untuk aplikasi Facebook lebih banyak jumlah laporan down-nya, yaitu sekitar 8.800 laporan dalam jam yang sama.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Padahal Tersambung Internet

Berdasarkan situs Downdetector.id, ribuan laporan tersebut mengeklaim bahwa aplikasi Instagram dan Facebook tidak bisa diakses karena masalah koneksi server, login, hingga masalah di dalam aplikasi media sosial itu sendiri.

Hingga berita ini ditulis, layanan Instagram dan Facebook masih tumbang, dan belum ada pernyataan resmi dari pihak Meta mengapa Instagram dan Facebook down di Indonesia.

Baca juga: Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com