Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Meta, Penyebab Facebook dan Instagram "Down" Tadi Malam

Kompas.com - 06/03/2024, 07:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial di bawah naungan Meta, termasuk Facebook dan Instagram tumbang alias down di seluruh dunia pada Selasa (5/3/2024) malam. Kedua layanan itu juga tidak bisa diakses pengguna di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB malam.

Menurut Meta, tumbangnya Instagram hingga Facebook disebabkan oleh masalah teknis. Kendati demikian, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu berhasil memulihkan layanan beberapa jam setelahnya.

"Masalah teknis membuat pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin dan kami mohon maaf atas atas ketidaknyamanan ini," kata juru bicara Meta, Andy Stone, lewat posting di X (dahulu Twitter) dengan handle akun @andymstone.

Sayangnya, perwakilan Meta itu tidak memerinci masalah teknis yang membuat Facebook hingga Instagram down.

Baca juga: Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia Tadi Malam, Ini Kata Meta

Namun sebelumnya, pada Oktober 2021, layanan Meta juga sempat down secara masif di seluruh dunia, juga disebabkan oleh kendala teknis.

Kala itu Meta menjelaskan bahwa tumbangnya layanan Facebook dan Instagram disebabkan oleh perubahan konfigurasi yang tidak tepat pada router yang digunakannya untuk mengoordinasikan lalu lintas antarpusat data.

Selain Facebook dan Instagram, media sosial Meta lainnya yang tumbang pada Selasa malam tadi adalah Threads dan Messenger. Kedua aplikasi ini juga tumbang di waktu bersamaan dengan Facebook dan Instagram.

Menurut situs Downdetector, laporan tumbangnya aneka layanan Meta itu muncul sekitar pukul 22.00 WIB. Laporan tertinggi tercatat pada pukul 22.33, di mana 4.785 pengguna melaporkan Instagram down dan 8.186 pengguna melaporkan pemadaman Facebook.

Saat itu, ketika Instagram diakses, fungsinya tidak berjalan sepenuhnya baik untuk fitur Feed, Stories, dan lain sebagainya. Meski masih bisa menampilkan posting dari sejumlah pengguna, postingnya terbilang lawas, bukan yang terbaru.

Selain itu, pengguna juga tidak bisa mengakses komentar dari suatu posting yang tampil di lini masa Instagram.

Ilustrasi aplikasi Instagram down malam ini.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi aplikasi Instagram down malam ini.

Pihak Meta saat itu juga mengamini bahwa pengguna kesulitan mengakses layanannya.

"Kami menyadari adanya masalah yang dialami pengguna saat masuk (login) ke platform kami," tulis Meta di situs resminya.

"Tim teknisi kami menyadari dan secara aktif mencari cara untuk menyelesaikan masalah ini secepat mungkin," tambah Meta.

Baca juga: Penjelasan Resmi Penyebab Tumbangnya Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Pantauan KompasTekno, sejumlah layanan milik Meta itu kini berjalan normal dan bisa diakses oleh pengguna lagi.

Situs Downdetector juga menunjukkan bahwa laporan tumbangnya Instagram dan Facebook menyusut sekitar pukul 00.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com