Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Instagram, Bisa Edit Pesan di DM Maksimal 15 Menit

Kompas.com - Diperbarui 09/03/2024, 07:28 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meta menggelontorkan fitur baru untuk Instagram (IG). Pengguna IG kini bisa mengedit pesan yang baru dikirim di Direct Message (DM) dalam jangka waktu tertentu.

Fitur baru ini diumumkan melalui situs resminya pada Senin (4/3/2024). Fitur edit pesan ini hanya berlaku untuk DM yang dikirim dalam kurun waktu 15 menit saja.

Artinya, jika Anda sudah mengirimkan pesan di ruang obrolan lebih dari 15 menit, pesan tersebut tidak dapat diubah lagi. Pantauan KompasTekno, Selasa (5/3/20234), fitur edit pesan tersebut sudah hadir untuk pengguna di Indonesia.

Cara mengedit pesan di Direct Message InstagramKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cara mengedit pesan di Direct Message Instagram

Caranya, tekan dan tahan (tap and hold) pesan yang baru dikirim lewat DM IG. Nanti akan muncul menu pop-up di samping pesan yang dipilih. Kemudian, tekan tombol “Edit”. Anda bisa mengubah pesan tadi langsung dari kolom obrolan di DM IG. Jika sudah, klik “Done”.

Baca juga: 9 Medsos Paling Banyak Dihapus pada 2023, Ada Instagram dan TikTok

Pesan yang diubah akan memiliki tanda “Edited” tepat di atas gelembung pesan (bubble chat). Dengan tanda ini, pengirim ataupun penerima pesan bisa tahu mana saja pesan yang sudah diedit dan yang belum.

Kehadiran fitur edit yang baru ini juga memudahkan pengguna memperbaiki kesalahan tik (saltik) dan mengubah pesan yang dirasa keliru, salah kosakata, dan kesalahan lain yang tidak diinginkan. Carara kerja fitur ini juga mirip seperti fitur edit pesan di iMessage Apple dua tahun lalu.

Ilustrasi pin chat di InstagramMeta Ilustrasi pin chat di Instagram
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi Meta, Selasa (5/3/2024) Instagram juga menggelontorkan dua fitur baru lainnya, yakni menyematkan pesan DM IG di paling atas, alias “pin chat”, dan menyembunyikan status pesan sudah dibaca (read receipt).

Kedua fitur ini terpantau sudah hadir di Indonesia. Namun, fitur “pin chat” yang mirip di WhatsApp ini masih belum tersedia secara merata. Dari penelusuran KompasTekno, ada beberapa tim kami yang masih belum kebagian fitur ini. 

Terlepas dari hal tersebut, cara menggunakan fitur ini bisa dikatakan mudah. Anda hanya perlu tekan dan tahan pesan yang ingin ditandai, pilih opsi “Pin”.

Pesan yang diprioritaskan akan langsung terletak di deretan teratas pesan masuk (inbox). Pesan yang ditandai juga memiliki ikon “pin” di samping namanya.

Untuk menghilangkan “tancapan” chat priotitas tadi, Anda bisa mengulangi langkah yang sama, yaitu tekan dan tahan pesan yang dimaksud, lalu pilih “Unpin”. Pesan yang diprioritaskan tadi bakal langsung menghilang dari daftar teratas.

Baca juga: Instagram Batasi 5 Hashtag dalam Satu Postingan?

Pengguna juga hanya dapat menancapkan tiga pesan di DM Instagram. Jadi, sebelum melakukan “pin” chat, pastikan bahwa pesan tersebut adalah obrolan yang paling sering diakses oleh Anda. 

Cara menonaktifkan pesan sudah terbaca di DM InstagramMeta Cara menonaktifkan pesan sudah terbaca di DM Instagram

Menyoal fitur yang kedua, Anda bisa menyembunyikan status pesan terbaca tadi di menu Settings (Pengaturan). Menu Settings bisa diakses di halaman Profil dan klik ikon garis tiga di kanan atas. 

Lalu, klik Account Settings, ketik “Messages and story replies” di kolom pencarian atau cari secara manual. JIka sudah, klik menu tersebut, Anda akan menemukan tombol “Show read receipts” (Tampilkan status pesan terbaca).

Bila warna toggle masih berwarna biru, tandanya status pesan terbaca Anda masih aktif. Anda bisa melakukan pengaturan serupa jika ingin kembali mengaktifkan status pesan terbaca.

Dalam konteks yang sama, jika fitur ini dinonaktifkan, baik penerima maupun pengirim pesan sama-sama tidak bisa melihat status pesan sudah terbaca.

Meta juga memungkinkan penggunanya menyimpan stiker favorit di DM IG supaya lebih mudah diakses. Ketika stiker disimpan menjadi favorit, setiker tersebut akan langsung muncul di deretan atas.

Supaya suasana berkirim pesan lebih hidup dan interaktif, pengguna juga dapat menggunakan tema yang dipersonalisasi untuk tiap ruang obrolan. Meta menawarkan beberapa opsi, seperti Love (cinta, nuansa merah muda), Lollipop (warna hijau toska), karakter Avatar: The Last Airbender, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com